Seluruh Peserta Didik MTs Negeri 2 Pekalongan Ikuti PHB Tahap 3

Kab. Pekalongan – MTs Negeri 2 Pekalongan kembali menyelenggarakan Penilaian Harian Bersama (PHB) di semester gasal Tahun Pelajaran 2021/2022. Pelaksanaan PHB ke-3 ini sesuai dengan kalender pendidikan yang telah ditetapkan dan diselenggarakan dengan 2 moda sekaligus yakni moda Daring dan Luring. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta didik 7,8 & 9 ini dilaksanakan pada tanggal 15 sampai dengan 20  November  2021.

Tuti Susilawati, S.Ag, M.Pd.I, selaku Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai sarana untuk melaksanakan amanat kurikulum yakni aspek penilaian khususnya pada ranah kognitif peserta didik setelah menerima materi dari bapak dan ibu gurunya.

“Kegiatan yang dilaksanakan selama 6 hari ini diselenggarakan secara daring dan sekaligus luring. Peserta didik yang mendapat jadwal PTM terbatas mengerjakan PHB di madrasah sedangkan peserta didik yang lain mengerjakan di rumah masing-masing,” jelasnya.

“Seluruh peserta didik baik yang berada di madrasah atau di rumah sama-sama mengerjakan soal PHB dalam bentuk google form yang telah disusun dan dibagikan melalui  grup Whatsapp kelas oleh guru pengampu mata pelajaran,” tambahnya.

“Mata pelajaran yang diujikan berjumlah 16 mapel. Setiap harinya, jumlah mapel yang diujikan bervariasi antara 2 sampai 3 mapel. Untuk siswa yang mengikuti PHB di madrasah, mereka mengerjakan di ruang yang telah ditentukan dan diawasi oleh guru”, demikian Tuti Susilawati memaparkan.

Sementara itu, Imam Sayekti, S.Pd., M.Si., M.Pmat selaku Kepala Madrasah mengatakan bahwa kegiatan PHB ke-2 ini dikondisikan bersama agar siswa lebih fokus untuk belajar sesuai mata pelajaran yang terjadwal. Beliau berharap kegiatan ini dapat diikuti oleh 100% peserta didik dengan hasil yang baik dimana peserta didik dapat mencapai kriteria ketuntasan belajar minimum. (Why/Ant/bd).