Semangat Majeng Mari Terus Maju Untuk Indonesia Tangguh

Semarang (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad beserta segenap jajaran pejabat eselon III mengikuti Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Tahun 2021 secara virtual dari ruang Teleconference Lt. 3 Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Kamis pagi pukul 08.00 WIB (28/10). Pada tahun ini, Peringatan Hari Sumpah Pemuda mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Layaknya komitmen para pemuda yang mengikrarkan Sumpah Pemuda pada tahun 1928 kiranya pemuda Indonesia dapat bersatu, tetap bangkit meski terjatuh dan terus bertumbuh sejalan dengan perkembangan zaman.

Segenap ASN Kanwil Kemenag Prov. Jateng pun mengikuti Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda secara virtual dari ruangan masing-masing. Sedangkan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 dilaksanakan secara luring di halaman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang dihadiri oleh 170 perwakilan mahasiswa dari 34 provinsi.

Bertindak sebagai pembina upacara, Mendikbudristek Nadiem Makarim mengenakan pakaian adat beserta seluruh peserta upacara untuk mewakili berbagai wilayah yang ada di Indonesia dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

“Kita harus terus mengingat tapak-tapak sejarah yang dilalui para pendahulu kita sebagai bekal untuk membangun masa depan. Tapak demi tapak itu kini harus menjadi lompatan. Oleh karena itu, peringatan Sumpah pemuda adalah hari kemenangan kita semua. Hari di mana para generasi muda Indonesia melompat bersama dengan rampak dan serentak,” tutur Nadiem ketika memberikan amanat dalam upacara.

“Sekarang saatnya, jangan mundur lagi. Arahnya satu, maju. Caranya satu, melompat bersama. Kita harus melompat sekarang karena mengejar ketertinggalan saja tidak cukup. Setelah melewati masa yang penuh tantangan dan keterbatasan, inilah waktunya kita bersatu, bangkit, dan tumbuh,” imbuhnya.

Selaras dengan apa yang diamanatkan oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad mendorong para pemuda Jawa Tengah untuk terus bergerak serentak supaya mampu melewati masa yang berat dan penuh tantangan, begitupun juga untuk seluruh jajaran Kanwil Kemenag Prov. Jateng tetap berkinerja sebagaimana semangat para pemuda.

“Saya yakin pemuda Indonesia memiliki 1001 ide untuk terus berinovasi sehingga mampu terus bertumbuh selaras perkembangan zaman yang makin pesat, apalagi hampir 2 tahun kebelakang, kita bangsa Indonesia sedang digempur dengan pertandingan melawan pandemi covid-19, dengan bergerak serentak, bersama-sama, bergotong-royong,” tutur Musta’in.

“Begitu juga untuk seluruh jajaran Kanwil Kemenag Prov. Jateng, mari tetap melayani masyarakat dan berkinerja sebagaimana semangat para pemuda. Mari terus bergerak sahabat-sahabatku, anak-anakku, dengan semangat Majeng mari kita terus maju untuk Indonesia tangguh,” pungkasnya. (pqq)