Semua Madrasah Ditargetkan Gelar UAMBN Berbasis Komputer

Rembang – Seluruh madrasah, baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Rembang diharapkan menyelenggarakan UAMBN Berbasis Komputer. Pihak Kementerian Agama Kabupaten Rembang telah mengupayakan pengadaan komputer bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Rembang.

Demikian diungkapkan oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Jasim dalam rakor persiapan UAMBN yang digelar pada Jumat (11/1/2019) di aula Kankemenag Kabupaten Rembang. Acara ini diadakan dua sesi. Sesi pertama yaitu untuk Kepala MTs, dan sesi kedua untuk Kepala MA.

Jasim mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab Rembang. Hasil koordinasi, madrasah yang belum mempunyai fasilitas komputer agar segera mengusulkan untuk didata. “Data itu akan kita kumpulkan dan kita ajukan kepada Pemkab. Semoga semua usulan disetujui,” kata Jasim.

Kendati demikian, Kepala Madrasah diminta untuk membuat pernyataan kesanggupan madrasah untuk menyelenggarakan UAMBN secara mandiri atau bergabung. Formulir yang telah disediakan agar segera diisi, sehingga operator Kemenag dapat mempersiapkan diri untuk pengadaan passwordnya. “Target kami, semua madrasah bisa menyelenggarakan UAMBN secara mandiri,” ujar Jasim.

Untuk diketahui, UAMBN tingkat MA akan digelar pada 11-13 Maret 2019. Sementara tingkat MTs akan digelar pada 18-20 Maret 2019. Adapun ujian susulan akan digelar pada 14-15 Maret 2019 untuk MA, dan 21-22 Maret 2019 untuk tingkat MTs.

Jasim meminta Kepala Madrasah untuk mempersiapkan segala sesuatunya terkait dengan penyelenggaraan UAMBN ini. — iq/bd