Setiap Jum’at Sore Penyuluh Agama Islam Lakukan Bintal On Air di RSPD

Wonogiri – Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kankemenag Wonogiri setiap hari Jum’at sore jam 17.00 WIB – 17.30 WIB melakukan bimbingan mental / ceramah agama Islam secara on air di RSPD Giri Swara Kabupaten Wonogiri dengan materi keagamaan secara bergantian.

Kasi Bimas Islam Kankemenag Wonogiri, H. Haryadi di temui di ruang kerjanya, Rabu (03/05) menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan penyuluh selama ini sudah dilakukan melalui kegiatan pengajian,  penyuluhan di Lembaga Pemasyarakatan dan instansi pemerintah lainnya, maupun Rumah sakit serta warga yang membutuhkan dakwah penyuluh siap melaksanakan tugas dengan baik.

H. Haryadi berharap, media radio tersebut bermanfaat untuk meningkatkan penyampaian berita, informasi, hiburan dan interaksi masyarakat. “Radio perekat komunitas dan dakwah tersebut juga diharapkan meningkatkan kualitas kehidupan agama serta kerukunan umat beragama dan bimbingan penyuluhan moral yang efektif”, ungkapnya.

Mengingat beratnya tantangan yang harus dihadapi para penyuluh Agama Islam dalam melaksanakan dakwah saat ini menuntut adanya inovasi dan pemanfaatan teknologi Informasi sebagai media dakwah.  Salah datu media yang dapat dimanfaatkan secara optimal oleh penyuluh Agama Islam adalah media radio.  Seiring dengan perkembangan zaman, Radio banyak berperan dalam berbagai bidang salah satunya adalah dalam bidang dakwah.

Menurutnya penyuluh agama Islam harus berperan aktif dalam penyuluhan mental dan agama di masyarakat, sehingga berbagai cara untuk mencapai sasaran akan terus dilakukan, mengingat banyak media yang bisa digunakan untuk memberikan pencerahan, seperti diantaranya penyuluhan dakwah melalui radio secara on oir langsung.

Mengingat tugas dan fungsi utama seorang penyuluh agama Islam adalah melakukan pembinaan dan bimbingan keagamaan terhadap umat tempat dia ditugaskan. Selain itu  tantangan yang dihadapi oleh umat Islam saat ini semakin berat.

Selain itu, penyuluh juga bisa lebih intensif dalam menjalin komunikasi dengan pengajian binaannya supaya hasil penyuluhan baik konseling, dan pembinaan bisa lebih meningkat dan konflik sosial, emosional dan suasana daerah bisa lebih kondusif.

“Semoga program-program yang di laksanakan bisa di terima masyarakat dan bermanfaat untuk umat islam di kota gaplek, sehingga kontribusi Kementerian Agama bisa di rasakan masyarakat”, harapnya. (Mursyid_Heri)