Siswa MAN 1 Surakarta Meriahkan KREASSO

Surakarta – Gelaran KREASSO ( Kreasi Anak Sekolah Solo ) kembali digelar. Acara tahunan yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Surakarta ini merupakan ajang kreasi seni budaya bagi siswa/siswi sekolah dari berbagai jenjang yang bertujuan untuk menampilkan kreativitas seni siswa.

Gelaran Kreasso tahun ini dilaksanakan pada 14 – 16 September 2017, bertempat di Benteng Vastenburg. Dalam gelaran Kreasso kali ini, Madrasah Aliya Negeri (MAN) 1 Surakarta ikut berpartisipasi meramaikan.

Menurut Waka Kesiswaan, Sri Mulyono, ikut sertanya MAN 1 Surakarta dalam gelaran kreasso adalah upaya untuk lebih mengenalkan Madrasah kepada khalayak luas.

“Dengan ikut sertanya kami dalam kegiatan ini semoga bisa lebih mendekatkan Madrasah kepada masyarakat. Selain itu juga untuk menunjukkan bahwa siswa Madrasah adalah siswa yang kreatif, inovatif, dan produktif,” kata Sri di sela-sela acara, Jumat (15/9).

Dalam kesempatan ini, MAN 1 Surakarta menampilkan tari saman dari Aceh, yang ditarikan secara bersama oleh dua belas orang.

Menurut pembina OSIS, Agus Dwi Prasetyo, tari Saman adalah tari yang bernuansa Islami dan sering ditampilkan oleh siswa di acara-acara intern.

“Kali ini kami ingin lebih mengenalkan tari Saman kepada khalayak dengan mengikuti Kreasso,” kata Agus.

Tarian ini dibawakan oleh siswi program Boarding School dan telah menjadi ikon di setiap acara.

Menurut salah satu siswa, Sania, dia merasa sangat bangga dan bahagia karena bisa tampil di ajang Kreasso, karena bisa mewakili Madrasah di ajang pertunjukan yang banyak disaksikan orang.

“Tampil di panggung megah dan besar, disaksikan banyak penonton, adalah pengalaman pertama saya dan teman-teman. Dan yang membanggakan ini adalah penampilan pertama kami di luar madrasah,” kata siswi kelas 11 IPA 2 ini.

Sania dan teman-teman yang lain merasa bangga karena bisa mengenalkan MAN 1 Surakarta lewat ajang seni. Kreasso secara resmi dibuka tanggal 14 September 2017 oleh Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo. (ma1-rma/Wul)