Siswa MAN 2 Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Wonosobo – Sebanyak 299 siswa MAN 2 Wonosobo mengikuti program vaksinasi Covid-19 di Sasana Adipura Kencana, Jalan Soekarno-Hatta Wonosobo. Vaksinasi yang dilakukan oleh Kodim 0707 Wonosobo bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, dan pihak MAN 2 Wonosobo dilaksanakan pada hari Jum’at (8/10).

Wakil Kepala Bidang Hubungan Masyarakat, Adrodin Irawan, mengatakan bahwa vaksinasi di madrasah, khususnya di MAN 2 Wonosobo merupakan tindak lanjut progam pemerintah untuk pemerataan vaksinasi pada remaja usia 12-18 tahun, “oleh karena itu, kami menyambut baik dan sangat proaktif agar program vaksinasi terlaksana,” ujar Adrodin dalam keterangannya.

“Selain itu, program vaksinasi untuk pelajar ini juga dilakukan dalam rangka upaya preventif penularan Covid-19 pada saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas yang sudah dilakukan MAN 2. Walaupun sekarang tren virus Covid-19 sudah menurun, tetapi kita tetap harus selalu waspada dan hati-hati,” imbuh Adrodin.

Proses vaksinasi ini merupakan vaksinasi dosis pertama. Dosis kedua akan diberikan pada waktu yang belum ditentukan.

Sementara itu Pembina OSIS MAN 2 Wonosobo, Fatah Yasin, mengatakan seluruh peserta didik menerima suntik vaksin secara serentak. Mekanisme vaksin dilakukan secara bergantian. Siswa datang secara mandiri dari rumah masing-masing dengan mengenakan seragam. Dari total 299 yang ikut vaksinasi merupakan gelombang pertama dari 596 siswa yang sudah terdaftar untuk melakukan vaksinasi. Sisanya akan diikutkan pada gelombang kedua dengan waktu yang belum ditentukan.

Saat vaksinasi, para siswa hanya menunjukkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) di meja pendaftaran ulang. Vaksinasi dimulai pukul 13.00 WIB dengan petugas yang sudah standby di lokasi. Terlihat siswa berdatangan dengan antusiasme yang tinggi. Mereka tetap menjaga prokes dan mengantri dengan tertib hingga vaksinasi selesei pukul 15.00 WIB.

“Alhamdulillah vaknisani berjalan lancar. Dari total 299 siswa kelas X, XI dan XII semua jurusan terlihat sangat antusias. Mereka tidak merasa takut untuk melakukan vaksinasi. Karena vaksinasi merupakan langkah awal untuk mencapai herd immunity. Dengan begitu, madrasah akan semakin mantap dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka,” Ujar Fatah yang juga guru Bahasa Inggris.

Kerjasama Madrasah dengan Kodim kaitannya vaksinasi tersebut mendapat apresiasi dari Kakankemenag Kab. Wonosobo. Pada hari Senin, (11/10) Kakankemenag Ahmad Farid, diruangnnya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kodim dan Dinkes yang sudah berkenan menggandeng Madrasah dalam upaya percepatan vaksinasi,

“vaksinasi diharapkan menjadi salah satu ikhtiar dalam penanangan pandemic. Kami berharap seluruh siswa madrasah mendapat vaksinasi agar saat dilaksanakan PTM semuanya sudah divaksin baik siswa maupun guru dan staff nya,” tandas Farid. Ps-ws