Songsong Adiwiyata 2019, MTsN Kota Tegal Persiapkan Diri

Tegal- Dalam rangka membentuk budaya dan peduli lingkungan, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Tegal ikut berpartisipasi dan berperan aktif dalam pelestarian lingkungan madrasah, seperti yang disampaikan Kepala MTsN Kota Tegal, Drs. H. Saefudin saat menyongsong Penilaian Sekolah Adiwiyata Tahun 2019, Selasa (09/04) di Ruang Guru dan TU MTsN Kota  Tegal. 

Dalam kesempatan tersebut, Saefudin juga mengatakan, terkait dengan adiwiyata pada sekolah maupun madrasah yang mengharuskan lingkungan yang sehat, bersih dan indah, maka diharapkan seluruh civitas yang ada dilingkungan MTsN Kota Tegal menyadari akan pentingnya menghijaukan dan membersihkan semua lingkungan madrasah.

Tujuan umum dari program tersebut, lanjut Saefidin, disamping untuk membentuk madrasah yang peduli lingkungan juga dalam rangka pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

Sedangkan tujuan khususnya adalah mewujudkan warga madrasah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola madrasah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, “jelas Saefudin.

Sementara itu, untuk mencapai cita-cita sebagai madrasah adiwiyata tahun 2019, Saefudin langsung turun  lapangan dengan menggerakan seluruh warga madrasah dari mulai Guru, Staf TU serta para siswa/siswi untuk melakukan kegiatan bersih-bersih, perawatan taman, penghijauan kembali dan pemanfaatan lahan dilingkungan madrasah.

Adapun unsur penilaian madrasah Adiwiyata tersebut meliputi; kebersihan halaman, kebersihan kamar mandi/WC, drainase/saluran, ruang kelas dan ruang kerja, penghijauan serta pemanfaatan lahan maupun halaman sekolah,”tutup Saefudin.  (IM)