Songsong Pelaksanaan Ibadah Haji 2019, Kemenag Gelar Rakor Evaluasi

Kudus – 10/12 Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Kudus menggelar rapat Koordinasievalasi penyelengaraan ibadah haji diikuti oleh Pemda bagian Kesra , Kepala KUA, Dinkes, KBIH,  IPHI  dan Perbankan .dliasanakan di aula lantai 2 Kemenag Kab. Kudus.

Dalam pengantarnya Kasi PHU , Su’udi menyampaikan bahwa penyelenggaraan ibadah haji tahun   1439 H /2018 M berlangsung dengan baik dan lancar cukup membeggakan , beliau juga menambahkan bahwa tujuan rapat koordinasi evaluasi ini adalah sebagai evaluasi dan penyempurnaan  bersama yang selanjutnya akan dijadikan rujukan  untuk  menyongsong pelaksanaan ibadah haji tahun 1440 H/2019 M tahun depan.

“ Meningkatkan pelayanan proses dokumen pembuatan paspor haji , pelayanan kesehaan haji oleh Kemenkes  serta langkah langkah perbaikan penyelenggaraan ibadah haji menjadi kupasan khusus dalam pelaksanaan rakor kali ini “.

Kepala Kemenag Kab.Kudus  Noor Badi menyampaikan dalam penyelenggarakan ibadah haji terdapat hal hal yang menjadi kendala oleh karena itu perlu diadakan evaluasi sehingga tahun depan kendala kendala tersebut tidak terulang lagi.

Beliau mengharap kepada Pemda untuk menyediakan waktu lebih lama dalam pelaksanaan manasik haji , sehingga akan lebih memaksimalkan pelaksanaanya .

Istithaah manasik dan istithaah kesehatan menjadi perhatian kusus kita . Oleh karena itu melalui rakor evaluasi ini diharapkan adanya masukan masukan guna dijadikan pijakan pelaksanaan  haji tahun mendatang.

Dikatakanya  pula pelaksanaan pemberangkatan jamaah haji tahun 2018 para jamaah haji merasakan nyaman dan puas oleh pelayanan kita, namun demikian masih ada kekurangan kekurangan untuk itu kekurangan itu harus kita perbaiki bersama  sama . Saran dan masukan  para peserta rakor sangat diperlukan sekali  baik saat pendaftaran ,pelunasan , penyelesaian dokumentasi maupun pada saat persiapan manasik  haji serta pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji  , sehingga kita bisa merencanakan ke depan hal hal yang menjadi masukan para peserta rakor. ( St.Zul/wwk/bd)