Songsong Peringatan Hari Pahlawan, Siswa XII.IPA.2 MAN 2 Tegal Berlatih Musikalisasi Puisi

Tegal (7/11), “Telah Gugur Pahlawanku”, itulah salah satu penggalan bait dari lagu Ismail Marzuki yang berjudul “Gugur Bunga” yang menggema dan membahana di ruang kelas XII.IPA.2 saat sedang melakukan latihan musikalisasi puisi untuk mengikuti lomba dalam rangka menyambut hari pahlawan yang akan dilaksanakan pada 10 November mendatang di  MAN 2 Tegal.

Kegiatan itu digagas oleh pengurus OSIS MAN 2 Tegal dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan rasa kebangsaan siswa. Selain kegiatan lomba musikalisasi puisi, kegiatan lomba peringatan Hari Pahlawan juga akan diisi dengan kegiatan lomba-lomba lainnya seperti lomba pidato Bahasa Arab, Story Telling, lomba membuat cerpen serta lomba jurnalistik yang akan diikuti oleh perwakilan dari setiap kelas di MAN 2 Tegal.

Dengan penuh semangat dan sungguh, siswa kelas XII.IPA.2 berlatih musikalisasi dengan didampingi oleh Tutik Sri Aryani selaku wali kelasnya.

Tutik mengatakan “Saya sangat mendukung kegiatan ini karena selain sebagai wahana untuk memupuk semangat kebangsaan serta nasionalisme juga sebagai wahana untuk menggali dan menyalurkan bakat dan potensi siswa”, tegasnya.

Latihan perlu dilakukan untuk mengompakkan suara, melatih konsentrasi saat bernyanyi serta melatih mental siswa agar nantinya saat lomba diadakan mereka tidak merasa grogi.

Tutik menambahkan  “Bukan juara yang saya ingin dari anak-anak, tapi saya ingin mereka lebih percaya diri di depan umum dan mereka dapat menyalurkan bakat mereka entah itu dalam lomba musikalisasi puisi, lomba jurnalistik, ataupun lomba-lomba  yang lainnya,” jelasnya.

Salah seorang siswa Litta Indria Arizka yang ditemui disela-sela latihannya menuturkan bahwa dirinya memang hobi menyanyi, karena itulah dirinya mengajukan diri untuk mengikuti lomba musikalisasi puisi. Litta juga berharap “Semoga kegiatan ini terus bisa dilaksanakan dan dilanjutkan karena dari latihan pun siswa sudah dibekali ilmu serta dilatih kepercayaan diri dan juga bisa mengasah bakat-bakat yang dimiliki siswa.”

Menurut ketua OSIS MAN 2 Tegal, Ade Rizqiana Putra mengatakan “Diadakannya kegiatan lomba peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan dan  agar siswa lebih mengormati serta menghargai para pahlawan yang telah berjuang demi bangsa tercinta,” jelasnya.

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat menggali potensi dan bakat yang dimiliki siswa serta menjadi ajang silaturahim antarkelas”, pungkasnya. (dhi/rf)