Songsong USBN BK MA , Kemenag Kudus Gelar Pelatihan Teknis

Kudus – Tahun ini diKabupaten  Kudus mengadakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN ) Berbasis Komputer . Untuk itu dalam menyongsong kegiatan tersebut Kemenag Kabupaten Kudus mempersiapkan diri dengan melaksanakan pelatihan Proktor / Teknisi USBN Berbasis Komputer kepada guru MA se Kabupaten Kudus yang dilaksanakan  Kamis, (28/2)  di Hotel Grypta Kudus.

Kasi Pendidikan Madrasah, Suhadi dalam laporanya menyampaikan  bahwa Pos Aplikasi USBN dalam bentuk VDI (Virtual Disktop Infrastructure) ini harus segera  di distribusikan ke madrasah  karena  Sabtu  4 Maret 2019 pelaksanaan USBN BK MA  dimulai . Dan  bersamaan kegiatan pada pagi hari  ini akan  dterimakan VDI  tersebut dari Ketua Tim Helpdesk Kabupaten Kudus M. Azhar Latif kepada Kepala Kantor Kemenag  Noor Badi , dan selanjutnya Kepala Kemenag akan menyerahkan VDI  kepada semua MA se kabupaten Kudus.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus , Noor Badi dalam sambutanya mengatakan  Ilmu tehnologi saat ini perkembanganya sangat  cepat sekali.   Oleh karena itu kita  harus mampu meningkatkan existensi madrasah di Kabupaten Kudus ini .

Beliau berharap pelaksanaan USBN tahun ini bisa sukses dan lacar baik mulai persiapan , pelaksanaan dan sukses hasil . Sukses hasil inilah yang menentukan kemampuan peserta didik dalam perjuangan selama 3 tahun belajar di madrasah. “ Ujian yang meliputi delapan mata pelajaran ini membutuhkan ekstra konsentrasi , oleh karena itu para  guru agar mempersiapkan “tegasnya.

Nara sumber  pelatihan  Proktor/Teknis USBN BK , Ketua Tim Helpdesk Kabupaten Kudus M.Azhar Latif menjelaskan bahwa  VDI  (Virtual Desktop Infrastructure )  adalah  berfungsi sebagai aplikasi ujian berbasis komputer dimana soal dan kelengkapan data madrasah dan peserta sudah di sinkron dalam VDI. “ Helpdesk ferfungsi membantu secara teknis pelaksanaan ujian berbasis komputer agar dapat berjalan lancar seluruh kegiatan Ujian berbasis komputer .

Setelah sambutan dilanjutkan materi “ Tata cara Pelaksanaan USBN di Madrasah “ oleh Ketua Tim Helpdesk Kabupaten Kudus M. Azhar Latif. (St. Zul-wwk/bd).