Sosialisasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Kabupaten Banyumas

Banyumas – Sosialisasi Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1438 H/2017 M oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Bambang Sucipto diselenggarakan di aula Gedung IPHI Banyumas, Selasa (21/02), dihadiri 855 calon haji, Setda Banyumas, pengurus KBIH, dan pimpinan Bank Penerima Setoran (BPS) BPIH.

Bupati Banyumas melalui Kabag Kesra, Fathudin Ichsan menyampaikan selamat kepada calon Jemaah haji yang telah berkesempatan menjalankan ibadah suci tahun ini. Semoga pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan sukses serta meraih haji mabrur. Bupati berharap kegiatan ini diikuti dengan serius mengingat ibadah haji harus memenuhi persyaratan tertentu yang merupakan perpaduan ibadah jasmaniah, rohaniah, dan amaliah. Bupati berpesan agar calhaj mempersiapkan diri baik fisik dan mental, selain itu juga perlu memahami prosedur pelaksanaan haji dari pendaftaran, pembuatan paspor dan tatacara pelaksanaan ibadah itu sendiri.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Banyumas, Bambang Sucipto, menjelaskan bahwa penyelenggaraan ibadah adalah tanggung jawab pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Penyelenggaran Haji dan Umrah, karenanya pemerintah berkewajiban untuk melakukan pembinaan, memberikan pelayanan dan memberikan perlindungan kepada jamaah haji. Lebih detil Bambang menjelaskan tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang diantaranya dibutuhkan untuk membiayai tiga komponen yaitu biaya penerbangan, pemondokan, living cost.

Kasi PHU, Amiruddin dalam laporannya menyampaikan bahwa sosialisasi merupakan bekal dan pemahaman kepada Calon Haji agar mantap dalam menjalankan ibadah haji, menjalin ukhuwah sesama jemaah, dan menjaga nama baik daerah Banyumas sehingga bisa terwujud ibadah yang khusyuk, sempurna, dan bisa meraih predikat haji mabrur. Dalam sosialisasi ini juga disampaikan informasi dan kebijakan tentang penyelenggaraan ibadah haji tahun 2017.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari Kantor Imigrasi Kelas II Cilacap dengan materi seputar prosedur dan persyaratan permohonan paspor. Para calon haji tampak antusias mengikuti jalannya sosialisasi, hal itu terbukti dari banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta kepada para narasumber. “Pembuatan paspor akan dilaksanakan awal Maret, seluruh berkas persyaratan akan kita bawa ke Cilacap (kantor imigrasi – red) hari Senin besok,” jelas Amiruddin. (hk/bd)