Sudir Resmi Pimpin MTs Negeri 3 Purbalingga

Purbalingga – Setelah beberapa waktu lamanya MTs Negeri 3 Purbalingga  berdiri di Wirasaba sebagai Madrasah Satu Atap dan Fillial MTs Negeri 2 Purbalingga, Rabu (27/3/2019) madrasah tersebut memasuki tahap baru. Tahapan tersebut ditandai dengan Serah Terima Jabatan Plt. Kepala MTsN 3 Purbalingga, Drs. Siti Mudrikah, M.Pd.I  kepada Kepala MTsN 3 Purbalingga terlantik, Sudir, S.Ag. M.S.I.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga beserta para pejabat di lingkungan Kankemenag Kabupaten Purbalingga dan Banyumas tersebut  berlangsung di komplek madrasah setempat. Turut hadir dalam kegiatan tersebut segenap utusan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Bukateja, perangkat Desa Wirasaba, Kepala Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar serta tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Kepala Kankemenag Kabupaten Purbalingga, Karsono menegaskan tugas Kementerian Agama memiliki peranan yang sangat penting.

“Kementerian Agama merupakan kementerian yang memiliki tugas yang sangat penting karena  mengurusi kebutuhan masyarakat dari hidup hingga mati. Ruang lingkupnya meliputi berbagai aspek kehidupan,” ungkapnya.

Menyikapi situasi yang berkembang akhir-akhir ini di masyarakat, sebagai pimpinan di jajaran Kantor Kementerian Agama kabupaten Purbalingga ia menguraikan beberapa keberhasilan Kementerian Agama di tingkat nasional.

Menurutnya opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Agama 2014 (LKKA) adalah Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Perbaikan tata kelola keuangan juga terus dilakukan hingga opini ini merangkak membaik.

“LKKA Kemenag tahun 2015 mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Dengan Paragraf Pengecualian, naik satu level dari tahun sebelumnya. Ini tentu indikasi adanya perbaikan. Dua tahun terakhir, opini BPK atas LKKA Kemenag bahkan kembali naik, dengan Wajar Tanpa Pengecualian,” jelasnya.

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) menduduki peringkat atas, pelayanan kepuasan haji tahun 2018 memiliki strata tertinggi, dan pelayanan KUA tidak ada keluhan.

Karsono mengungkapkan, ada 3 pesan Menteri Agama yang perlu dicermati dan dilaksanakan. Pertama, Moderasi beragama. Kita diharapkan agar tidak terlalu radikal ke kanan maupun terlalu liberal ke kiri. Namun menjadi umat yang tengah-tengah.  Kedua, kebersamaan. Bangun kebersamaan, dengan semua unsur atau komponen bangsa yang ada. Kita diharapkan dapat bekerja bersama-sama dan  bersama-sama bekerja. Ketiga, integrasi data. Sesuai dengan harapan pengintegrasian data, Kankemenag Kabupaten Purbalingga siap untuk melaksanakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagaimana diinstruksikan selambat-lambatnya April 2019.

Karsono pun berpesan kepada Kepala MTsN 3 Purbalingga yang baru untuk melaksanakan amanat yang diembankan dengan baik.

“Amanat yang baik ini diterima dengan  baik. Teruskan jejak kepala sebelumnya yang tentu orang baik. Kelola madrasah ini dengan baik sehingga akan menghasilkan prestasi yang baik pula,” pesannya.

Siap Bersinergi

Kepala MTsN 3 Purbalingga, Sudir menegaskan bahwa dirinya siap melaksanakan tugas yang diamanatkan kepadanya sekaligus melaksanakan pekerjaan rumah yang belum terselesaikan di madrasah tersebut.

“Tentunya bersama-sama dengan Forkompincam, guru, karyawan, komite, tokoh agama dan masyarakat serta wali murid. Semoga lingkungan ini dapat menerima saya untuk bersama-sama mengembangkan potensi yang ada di MTs Negeri 3 Purbalingga ini, dengan niat ibadah mengharap ridlo Allah SWT. Mohon bimbingan, petunjuk, kerjasama dan doa semua pihak,” katanya.  (sri_sar/    )