Su’udi : Beraksi , Torehkan Prestasi lalu Menginspirasi

Kudus – Untuk memasuki dan memenangkan persaingan global saat ini perlu, ini perlu sosok – sosok yang mempunyai keahlian dan kemampuan prima dalam menggunakan ”intangible assets” yaitu pengetahuan, kompetensi belajar dan membangun jaringan sosial.

Karena itu Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika (HMJ-PMTK) FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan kompetisi atau lomba Olimpiade Matematika (OPTIKA) 17. Kompetisi di bidang matematika kali ini mengangkat tema, “Sematkan Prestasi, Matematika Beraksi, Wujudkan Generasi Muslim Cerdas Menginspirasi.”

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Su’udi yang berkesempatan hadir dan membuka acara  OPTIKA di Kudus dan sekitarnya pada Sabtu( 16/9) di STAIN Kudus berharap kegiatan ini mendorong madrasah-madrasah bisa menyelenggarakan pendidikan matematika yang cukup bersaing dengan sekolah umum. “Kami ingin matematika di madrasah-madrasah beraksi dengan menorehkan prestasi”, pungkasnya .

 “OPTIKA 17 merupakan Olimpiade Matematika yang khusus dilaksanakan untuk siswa siswi madrasah dan sekolah islam se-Indonesia mulai dari jenjang dasar sampai jenjang menengah  dengan memperebutkan  Piala bergilir dari Kementerian Agama RI, Piala tetap OPTIKA dan total hadiah puluhan juta rupiah. Pendaftaran Olimpiade Matematika ini dibuka mulai 9 April 2017  sampai tanggal 2 September 2017”, tutur Hesti, koordinator panitia wilayah Jawa Tengah.

“OPTIKA dilaksanakan melalui empat tahap. Pertama, dibagi menjadi 2 sesi yaitu tahap penyisihan sub wilayah, Jawa Tengah merupakan wilayah  4 dibagi menjadi 3 sub wilayah yaitu Purwokerto, Semarang dan Kudus dilaksanakan serentak pada 16 September 2017. Tahap kedua yang dilaksanakan di tiga belas wilayah seperti DKI, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Jambi, NAD, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Bali, Maluku dan Papua dan dilaksanakan serentak pada 18 September 2017”, jelas Hesti.

Diterangkan lebih lanjut bahwa, tahap tiga, babak semifinal OPTIKA dilaksanakan pada 30 September 2017 dan tahap keempat, Grand Final OPTIKA dilaksanakan pada 1 Oktober 2017. Babak semifinal dan final akan digelar langsung di UIN Jakarta. (s2r/bd)