Tahun Pelajaran 2020/2021 Berakhir, MIN 4 Boyolali Bagikan Rapor Secara Drive Thru

Boyolali (MIN 4 Boyolali) — Pembagian rapor hasil belajar peserta didik merupakan tanda berakhirnya tahun pelajaran 2020/2021. Pada masa normal, pembagian rapor dilaksanakan dengan mengundang seluruh orang tua/wali peserta didik ke madrasah untuk mengkomunikasikan perkembangan putra/putrinya selama satu tahun. Hal tersebut berpotensi menimbulkan kerumunan masa yang dilarang pemerintah. Maka, MIN  4 Boyolali mengambil kebijakan pengambilan rapor dilakukan secara drive thru pada Sabtu (19/6/2021).

Sistem drive thru diatur dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Madrasah untuk masing-masing jenjang kelas. Adapun hal yang harus diperhatikan adalah protokol kesehatan yaitus ebelum memasuki lobi madrasah walisiswa diwajibkan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitazer.  Selanjutnya dilakukan pengukuran suhu badan menggunakan thermogun. Setelah semua tahap screening selesai, wali peserta didik dipersilakan mengambil rapor yang sudah disiapkan oleh wali kelas di depan ruang kelas masing-masing. Selain mengambil rapor, wali peserta didik juga mengembalikan buku paket yang dipinjam untuk pembelajaran daring. Semua proses ini hanya berlangsung selama kurang lebih lima menit saja. Wali yang sudah selesai mengambil rapor dipersilakan langsung meninggalkan madrasah melalui jalur keluar.

Sebelum pembagian rapor biasanya diadakan evaluasi pembelajaran dan persiapan pembelajaran ke jenjang kelas lebih tinggi serta di lakukan konseling perkembangan peserta didik. Akan tetapi komunikasi wali kelas dengan wali peserta didik yang biasanya dilaksanakan dalam forum kelas, pada tahun ini dialihkan ke dalam forum grup kelas melalui aplikasi whatsapp. Kebijakan ini dianggap lebih efektif dan efisien mengingat wabah Covid-19 masih menyelimuti kehidupan masyarakat.

“Pembagian rapor berjalan dengan lancar, tidak tampak kerumunan wali peserta didik. Semua dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Sambil menyerahkan rapor, kami juga memberikan ucapan selamat pada peserta didik yang sudah naik kelas. Selain itu, tentu kami sebagi wali kelas juga memohon maaf apabila dalam satu tahun ini kurang maksimal dalam memberikan pelayanan. Permohonan maaf dan ucapan selamat ini kami sampaikan secara langsung pada orang tua yang mengambil rapor dan secara resmi juga kami sampaikan melalui whatsapp grup kelas,” tutur Ridwan, wali kelas empat. (RDW/Jaim/rf)