Tiga Siswa MTs N 1 Banjarnegara Raih Juara Kompetisi Sains Indonesia Hebat 2021

Banjarnegara – Kabar menggembirakan bagi pendidikan Kabupaten Banjarnegara, pasalnya salah satu sekolah Madrasah yaitu MTs N 1 Banjarnegara mampu memborong gelar juara di kancah kompetisi tingkat nasional di saat pandemi Covid-19. Melalui surat edaran yang diterbitkan melalui laman resmi ppsm.or.id pada tanggal 30 April 2021, tak tanggung-tanggung sekolah ini mampu menyabet tiga mendali perunggu dalam ajang Kompetisi Sains Indonesia Hebat 2021 Mapel IPA tingkat SMP. Kegiatan ini digelar secara virtual pada Minggu, 25 April 2021.

Meskipun kegiatan pelatihan serta pembelajaran dilakukan secara terbatas akibat pandemi covid 19, hal itu tidak menutup semangat dan produktivitas bagi 3 siswi yang baru saja membawa pulang mendari perak. Ketiga siswi tersebut adalah Malika Salma Haydara, Lathifah Arum Dwi N, Zalvadina Guardien A.Z.

“Menariknya kali ini tidak hanya untuk siswa saja. Tetapi tiga siswa sekaligus dalam satu ajang perlombaan,” ujar Kepala Madrasah MTs N 1 Banjarnegara saat ditemui di ruang guru, Senin (3/4).

Prestasi ini tentunya disyukuri para tenaga pendidik di MTs N 1 Banjarnegara. Tri Widayati selaku pembimbing 1 mapel IPA merasa bangga dengan pencapaiannya maupun pencapaian anak didiknya ini. Beliau menilai bahwa ketiga anak didiknya memiliki kiat-kiat khusus untuk memperoleh prestasi ini, salahsatunya dengan belajar dan kerja keras.

“Sebenarnya ini merupakan berkah dari keikhlasan membimbing anak didik kami, denagn kerja keras, kerja ikhlas, serta kerja cerdas mampu menoreh sebuah keberhasilan,” ujar guru yang akrab disapa Bu Triwid ini.

Hal yang sama juga diungkapkan Novia Fajriati Alqomar selaku pembimbing 2. Ia mengaku dengan mengajar anak didik secara konsisten kemampuannya semakin meningkat dengan berjalannya waktu. Inilah yang menurutnya membuatnya memperoleh menyabet banyak gelar juara di kancah nasional ini.

“Itu adalah timbal balik. Kalau kita ikhlas akan dapat berkahnya,” imbuh Novia Fajriati Alqomar. (risky/ak)