Tim IRJEN Sambangi KUA Kaliwungu Kudus Untuk MONEV SBSN

Kudus – Dalam upaya pengawasan dan penilaian, pembangunan Balai Nikah dan Gedung Manasik Haji KUA Kecamatan Kaliwungu Kudus, melalui pembiayaan SBSN. Tim IRJEN KEMENAG sambangi Kudus untuk melakukan Monitoring dan evaluasi bangunan yang dibiayai oleh SBSN.

Tim IRJEN KEMENAG, sambangi Kabupaten Kudus pada hari Rabu 21 Februari 2018, setelah sebelumnya melakukan monef di Kabupaten Grobogan. Tim Irjen Kemenag yang terdiri dari 3 orang yang di motori oleh Muhibuddin dan 2 orang anggota yaitu : Idham Kholiq dan Daeri Rahman.

Sebelum meninjau langsung ke lapangan, Tim Irjen diterima oleh KakanKemenag Kudus di ruang kerjanya. Noor Badi ucapkan selamat datang dan apresiasi dengan agenda monitoring dan evaluasi ini sebagai bentuk perhatian, pengawasan melekat dan penilaian tentang pelaksanaan pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Kaliwungu, baik dari segi tertib administrasi, pelelangan dengan pihak rekanan, proses pembangunan dan ketepatan waktu pelaksanaan hingga hasil fisik bangunan.

Dalam kesempatan yang sama, Noor Ani Mustiana selaku pejabat pengadaan  menjelaskan bahwa pembangunan gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Kaliwungu menelan biaya untuk fisik bangunan sebesar 732.340.000, mebeler 50.000.000,- dan sisanya untuk optimalisasai pembuatan pagar. Jadi total keseluruan menelan biaya sebesar 1.002.226,000,-.

Proses pembangunan di mulai dari tanggal 29 Mei 2017 hingga 25 September 2017, terhitung 120 hari kalender. Dan rekanan yang menang dalam proses lelang adalah CV Karya Usaha Jaya yang beralamat di Jl. Sido Luhur Raya No 12 Semarang.

Lebih lanjut Noor Ani Mustiana menjelaskan bahwa proses bangun sudah sesuai dengan waktu yang ditentukan, tidak mengalami keterlambatan waktu dan sesuai dengan surat perjanjian kontrak antara Pihak I ( Kemenag Kudus) dan Pihak II (CV Karya Usaha Jaya ).

Selanjutnya Tim IRJEN menuju ke KUA Kecamatan Kaliwungu untuk meninjau langsung hasil fisik bangunan, untuk monitoring dan evaluasi manakala terdapat masukan-masukan dan menjadikan agenda monef ini sebagai media sharring dan intropeksi serta pemecahan permasalahan yang ada khususnya yang menyangkut pelaksanaan pembangunan yang dibiayai oleh DIPA SBSN.

Syukur alhamdulilah, Tim IRJEN merasa puas dengan memberikan penilaian baik terhadap hasil pelaksanaan pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Kaliwungu baik dari segi tertib administrasinya, dokumen lelangnya, dan hasil fisik bangunannya sudah sesuai dengan Standart Operasional Pelaksanaan, dan kita semua berharap semoga tahun mendatang, Kemenag Kudus bisa mendapatkan bantuan pembangunan dengan DIPA SBSN lagi.(Eti/bd)