Tim Kantor Kemenag Kab. Magelang Lakukan Monitoring KUA

Magelang – Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang melakukan monitoring dan evaluasi terhadap 21 Kantor Urusan Agama (KUA) di Kantor Kemenag Kab. Magelang, Senin (13/02).

Tim terdiri dari Kepala Subbag TU Ngatmin, Pejabat Pembuat Komitmen pada Setjen Ismadi, Bendahara Pengeluaran Syafi’i, staf Perencanaan Kholid, Pengelola BMN Anita Rusdiana, dan Analis Kepegawaian Muizzudin.

Selama satu minggu, Tim akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap  instrumen atau poin-poin monitoring antara lain bidang kepegawaian, evaluasi pemeliharaan KUA Tahun 2016, bidang anggaran operasional KUA, dan bidang pelayanan nikah.

Bidang Kepegawaian meliputi data Pegawai KUA baik PNS ataupun Non PNS, administrasi pegawai (LCKH Pegawai, Laporan Kinerja Bulanan Pegawai, dan SKP Pegawai), bidang Evaluasi Pemeliharaan KUA Tahun 2016 meliputi perbaikan Gedung/Banguinan di Tahun 2016, perbaikan halaman dan atau pagar dan menampung usulan Pemeliharaan Gedung dan Halaman Tahun Anggaran 2017.

Sedangkan bidang Anggaran Operasional KUA meliputi Pembuatan Rencana Belanja perbulan dalam tahun anggaran 2017 dan peruntukannya, dan Bidang Pelayanan Nikah KUA meliputi Standard Operasional Prosedur (SOP) Pendaftaran Nikah, pelayanan administrasi lainnya seperti legalisir buku nikah, surat keterangan, duplikat buku nikah, dan pelayanan lainnya.

Menurut Ngatmin,  selain memonitoring pelaksanaan tugas KUA secara menyeluruh, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan riil pada KUA sehingga bisa dijadikan pijakan dalam menyusun program dan kegiatan pada Kantor Kemenag Kab. Magelang.

Ngatmin menambahkan tujuan lainnya adalah untuk memperlancar tugas Kantor Kemenag dari sisi pelaporan pertanggungjawaban kegiatan.  “Data yang lengkap dan riil akan memperlancar tugas kami dalam membuat laporan pertanggungjawaban secara cerdas, cermat, cepat, dan tepat,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Kepala KUA Ngluwar Mustaqim, menyampaikan dengan adanya monitoring yang dilakukan Tim dari Kankemenag Kab. Magelang hal-hal yang belum sempurna pada KUA bisa ditindaklanjuti untuk dilengkapi dan disempurnakan.

“Dengan adanya monitoring ini kami berharap semua yang belum sempurna bisa dilengkapi. Kami juga akan berusaha mengimbangi permintaan Kankemenag untuk bekerja secara cerdas, cermat, cepat dan tepat pula. Mohon petunjuk dan pembinaan dari Tim ke depan agar lebih baik,” kata Mustaqim.

KUA Ngluwar merupakan salah satu KUA yang dikunjungi Tim pada hari pertama jadwal monitoring. (athoy/m45k/Af).