Tim Robotik MAN 2 Brebes Persembahkan 2 Emas dan 2 Perunggu Dalam AYRO Singapura

Brebes – Tim Robotik Madrasah Aliyah Negeri 2 Brebes (Mandubes), berhasil menyabet medali emas dan perunggu pada ajang Asian Youth Robotic Olimpiade (AYRO) Singapura pada 24 – 25 April 2021 lalu.

Kepala  MAN 2 Brebes, Drs H. Lutfil Hakim, Senin 3 Mei 2021 menyebut, kontes Robotik AYRO tingkat Asia Tenggara itu digelar 24-25 April 2021 secara virtual. Dan pemenangnya diumumkan Minggu 2 Mei 2021 kemarin. Dia mengungkapkan rasa syukur dan banggan atas prestasi yang diraih anak didiknya tersebut sehingga membawa harum nama madrasah.

“Semoga prestasi ini akan disusul oleh prestasi-prestasi lainnya. Sehingga nama baik madrasah terus terukir. Lulusan madrasah juga bisa melanjutkan pendidikan sesuai minatnya, sehingga kelak berguna untuk masyarakat,” tegas Lutfil Hakim.

“Alhamdulillah tim robotik madrasah kami berhasil meraih medali emas untuk kategori Creative MRT, medali emas untuk kategori Coding Mission/Maze Solving. Kemudian medali perunggu untuk kategori Coding Mission/Maze Solving dan medali perunggu untuk kategori animasi,” kata Lutfil.

Siswa-siswi MAN 2 Brebes  yang tergabung dalam tim robotis itu adalah Rijal Amri (XI MIPA 2), Ferlynda El Haq (XI MIPA 2), Wily Anjasmara (XI IIS 4), Nasya Anggun Kinanti (XI MIPA 3), Firyal Aufa Fahrudin (X MIPA 2), Ridho Akmal Zaki (XI MIPA 1), M Izzul Islam (XI MIPA 4) dan Haidar Hisyam Anwar (X MIPA 4).

Nasya Anngun, salah satu siswa yang mendapat medali emas menjelaskan bahwa dia bersama temannya maju pada cabang lomba creative robot dengan membuat robot disinvektan ultraviolet. “Biasanya disinvektan pembasmi covid-19 menggunakan cairan, tapi kami berkreasi dengan sinar ultraviolet,” ucap Anggun.(ESW/Sua)