Tim UPZ Kankemenag Distribusikan Bantuan di Masa Pandemi Sebanyak Setengah Milyard Rupiah

Wonosobo – Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kankemenag Kab. Wonosobo pada masa pandemic covid 19 mulai awal tahun 2021 hingga semester pertama, melalui program bakti sosial penggalangan dana ASN Kankemenag Kab. Wonosobo berhasil kumpulkan bantuan hampir setengah Milyard Rupiah.

Hal tersebut disampaikan oleh Humas Kankemenag Kab. Wonosobo Pasa Adi Nugraha diruangan media center pada hari Kamis, (26/8), “informasi dari tim UPZ terkumpul dana sejumlah Rp. 494.750.000 dan telah didistribusikan dalam bentuk tunai dan non tunai,” kata Pasa.

Menurut data yang tercatat, penyaluran bantuan berupa zakat produktif, bantuan masker dan handsanitizer, sembako dan uang tunai untuk keluarga tercatat miskin.

Hal tersebut dibenarkan Nawawi selaku Kasi Gara Zakat Wakaf Kankemenag Kab. Wonosobo, saat ditemui tim media center diruangannya pada hari Kamis, (26/8). Ia mengatakan, pendistribusian melalui Dharma Wanita, Seksi Penma, dan Tim UPZ,

“ada yang kami salurkan langsung oleh tim UPZ, ada yang disalurkan melalui DWP Kemenag, dan Seksi Penma,” kata Nawawi.

Sebagai rincian pendistribusian Nawawi katakan, Tim UPZ secara langsung mendistribusikan bantuan diantaranya untuk bantuan berupa zakat produktif diberikan kepada 90 orang yang merupakan pedagang kecil masing-masing menerima uang tunai Rp. 1.000.000 total menjadi 90 juta rupiah,  kemudian 72.500 buah masker dan 1.450 botol handsanitizer total 58 Juta Rupiah, Distribusi Beras untuk 1.700 orang miskin masing-masing orang mendapat beras 10 Kg dengan total 204 Juta Rupiah, dan Bantuan uang tunai untuk masyarakat yang tercatat sebagai orang miskin sebanyak 140 Juta Rupiah untuk 1400 orang dengan jumlah yang diterima masing-masing adalah 100 ribu/orang.

Selanjutnya Nawawi tambahkan bahwa pendistribusian bantuan juga disalurkan oleh Dharma wanita berupa sembako  senilai 2 Juta Rupiah, dan Bantuan opeasional melalui seksi Pendidikan Madrasah berupa distribusi masker untuk siswa MI sebesar 750 ribu rupiah.

Program bakti sosial tersebut lantas mendapat apresiasi dan dukungan dari Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid, saat ditemui diruangnnya pada hari yang sama, Farid, mengatakan bahwa kegaitan semacam itu harus tetap ditingkatkan, terlebih bantuan semacam itu dirasa dapat membantu masyarakat yang terdampak pandemic,

“semoga bantuan yang berhasil dikumpulkan oleh Tim UPZ betul-betul bisa membantu masyarakat sekitar yang terdampak pandemic. Baik bantuan konsumtif maupun produktif. Bahkan masker dan handsanitizer juga dibutuhkan oleh masyarakat sebagai alat pelindung diri dari virus.” Tandas Farid. Ps-ws/qq