Tingkatkan Animo Masyarakat, MTsN 5 Cilacap Gelar Try Out UN SD/MI

Cilacap – Salah satu indikator bagi lembaga pendidikan yang berkualitas adalah tingginya animo masyarakat sekitar. Semakin banyak warga sekitar yang bersekolah di madrasah merupakan pertanda tingginya kepercayaan lingkungan. Warga sekitar merupakan modal utama sekaligus saksi kuat terhadap kualitas layanan pendidikan di lembaga pendidikan manapun. Berangkat dari hal tersebut, MTsN 5 Cilacap tidak mau membuang kesempatan. Momen krusial menjelang ujian akhir difungsikan dengan arif melalui layanan Try Out UN secara gratis.

Untuk menambah animo peserta, pihak mTsN 5 menyediakan hadiah berupa uang pembinaan, beasiswa dan penghargaan bagi enam peserta dengan nilai tertinggi. Terang saja, gelaran Try Out UN SD pada Sabtu (6/4) disambut antusias peserta. Terdapat 20 SD dan 4 MI dengan jumlah siswa keseluruhan mencapai 387.

Kepala MTsN 5 Cilacap, Toha Machfudi, saat apel pembukaan acara mengatakan bahwa, Try Out sangat penting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi merupakan modal utama yang harus dimiliki siswa untuk berprestasi. Dengan motivasi apapun yang tidak mungkin menjadi mungkin. Termasuk siswa yang tadinya tidak bisa dengan motivasi yang tinggi akan menjadi bisa. Dengan begitu, melalui Try Out para siswa akan semakin siap dan mantap menatap ujian.

“Para siswa peserta Try Out, perlu kalian ketahui bahwa untuk berprestasi tidak cukup modal kecerdasan otak saja. Kecerdasan tanpa dipacu dan dilatih lebih intens, maka hasilnya tidak adakan maksimal. Untuk memacu peningkatan kecerdasan dibutuhkan motivasi yang tinggi. Dengan motivasi, apapun soal yang disajikan maka akan terasa mudah. Karenanya, saya minta kalian mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh. Sehingga hasilnya nanti bisa dijadikan bahan evaluasi untuk peningkatan kegiatan belajar menuju UN yang berprestasi,” terang Toha.

Dikatakan lebih lanjut, adanya pendidikan madrasah merupakan hasil perjuangan masyarakat. Setelah diperjuangkan, masih banyak membutuhkan usaha untuk membesarkan madrasah. Peran serta aktif masyarakat masih dan akan terus diperlukan demi keberlangsungan pendidikan madrasah. Perjuangan dalam bidang pendidikan belum dan tidak akan pernah selesai hingga hari kiamat datang. Begitu pula dengan hak dan kewajiban masyarakat terhadap pendidikan madrasah.

Terkait siswa yang berprestasi, tentunya pihak MTsN 5 tidak mau melewatkan begitu saja. Untuk itu, selain uang pembinaan dan piagam penghargaan, panitia menyediakan perlakuan istimewa. Diantaranya dengan membebaskan sumbangan madrasah selama satu tahun bagi yang meneruskan sekolah ke MTsN 5. (Har/gt)