TPQ,Tanamkan Moral Islami Sejak Dini

Klaten – Badan Koordinasi (Badko) Taman Pendidikan Quran (TPQ) Klaten berperan sangat penting dalam meningkatkan pendidikan keagamaan. Sebab, Taman Pendidilan Al-Qur’an atau disingkat dengan TPA/TPQ adalah lembaga yang secara riil telah menjadi wadah pengajaran Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat, khususnya untuk kalangan anak-anak. Sebagai wadah pengajaran Al-Qur’an, TPA/TPQ memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan moral yang baik dan Islami.

Pernyataan itu diungkapkan Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Retna Fithratin saat Musyawarah Daerah Badqo TPQ Kabupaten Klaten yang  dilaksanakan di Aula Masjid Raya Klaten, (24/12).

Nilai-nilai keagamaan yang ditanamkan dalam pembelajaran di TPQ, menurutnya dapat menjadi benteng dari hal-hal yang bersifat negatif yang telah ditanamkan sejak dini, TPQ mempunyai peranan penting dalam pembangunan bangsa yang berakhlakul karimah, tandas Retna.

“Anak yang kecilnya mengaji di TPQ ketika besar diharapkan akan menjadi pribadi yang baik dan berkarakter karena ajaran dan nilai keagamaan akan tertanam kuat di dirinya,” katanya.

“Jika ini dikembangkan, bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang berkarakter karena warganya tidak hanya pandai dalam urusan dunia, namun juga selalu ingat Allah, dan semua pekerjannya akan diniati ibadah,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Badko TPQ Klaten Ahmad Syamsuddin terpilih untuk periode 4 tahun  kedepan yang sekaligus Kepala KUA Kecamatan Kebonarum, meminta Badko TPQ bisa mempertahankan peran yang selama ini telah dilakukan dalam peningkatan kuantitas dan kualitas pendidikan keagamaan non formal di Klaten.

Syamsuddin menambhakan  gelaran musyda ini menjadi momentum dalam mewujudkan serta menata organisasi lebih baik demi kemajuan wadah TPQ yang ada di Klaten.

“Semoga kedepan, Badko TPQ Klaten lebih baik lagi dan mohon dukungan dan peran serta semua pihak untuk memajukan dan kemajuan lembaga yang sangat baik ini,” pinta Syamsuddin.(aj/Wul)