Ujian Praktek Memasak, Siswa MIN Tanjungsari Belajar Mandiri

Tanjungsari – Sebagaimana pentingnya dengan Ujian Sekolah/Madrasah (US/M), berbagai Ujian Akhir Madrasah pun juga harus dijalani. Seperti ujian praktek akhir Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), kali ini 64 siswa-siswi Kelas VI MIN Tanjungsari Petanahan melaksanakan penilaian memasak dan menata makanan dan minuman, Sabtu (20/5).

Para siswa dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil, siswa terlihat antusias serta gembira ketika bersama-sama kelompoknya memasak dengan bahan makanan dan minuman 4 Sehat 5 Sempurna. Seluruh kelompok dengan kreatifitas masing-masing saling berlomba untuk memberikan hasil terbaik kepada tim juri.

Menurut wali kelas VI A Puji Astuti, kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa agar termotivasi untuk membantu orang tuanya di rumah agar mandiri. Selain itu kegiatan memasak ini juga menjadi sarana refreshing para siswa yang baru saja menyelesaikan UAB MI dan US/M minggu kemarin.

Siswa siswi MIN Tanjungsari antusisas melaksanakan ujian praktek memasak

Kekerabatan antara Guru dan Siswa begitu terasa saat itu, karena tidak lama lagi para siswa akan meninggalkan madrasah menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (MTs/SMP). Dan momen yang lebih penting lagi adalah terciptanya kerja sama dalam kelompok,  rasa saling tolong-menolong, dimana harapannya nanti bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari, imbuh Muslimin Wali Kelas VI B.(kh/pt)