Unsur Bimas Islam Dominasi Tes Calon Petugas Haji

Pemalang – Sebanyak tujuh orang ASN pada Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pemalang mengikuti tes rekrutmen calon petugas haji tahun 1438 H/2017 M. Tes dilaksanakan di aula Kankemenag mulai jam 08.00 WIB, Jumat (28/4).

Pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini, Kankemenag memperoleh kuota tiga orang petugas haji yang terdiri dari dua orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan satu orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI).

Peserta tes yang berjumlah tujuh orang didominasi dari unsur Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam), yaitu Kepala Seksi Bimas Islam dan tiga orang Penyuluh Agama Islam fungsional. Dari ketujuh orang tersebut, lima orang mendaftar untuk formasi TPHI dan hanya dua orang yang mendaftar untuk formasi  TPIHI.

Salah satu peserta tes, M. Husin selaku Kepala Seksi Bimas Islam mengikuti tes untuk formasi TPHI. Baginya, tes kali ini merupakan yang kedua kali setelah pada tahun 2012 pernah mengikuti kegiatan serupa. Ditemui sebelum mengikuti tes, dia akan berupaya dengan maksimal namun tetap bertawakal kepada Allah SWT.

“Saya tetap optimis dan akan berupaya dengan maksimal menghadapi tes rekrutmen calon petugas haji, namun tetap menyerahkan sepenuhnya kepada Allah SWT akan hasil yang diperoleh. Persiapan guna mengikuti tes antara lain dengan membaca-baca buku dan panduan tentang ibadah haji,” ungkap Husin.

Tepat jam 08.00 WIB, peserta tes mulai mengerjakan soal ujian tertulis. Sebelumnya, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Supiyati menunjukkan paket soal yang masih tersegel kepada para peserta. Dia berharap pelaksanaan tes rekrutmen bisa berjalan dengan lancar.

“Semoga pelaksanaan tes rekrutmen calon petugas haji tahun 1438H/2017 M di Kankemenag Kabupaten Pemalang bisa berjalan dengan lancar, mulai dari tahap tes tertulis sampai tes wawancara. Peserta agar melaksanakan ujian dengan jujur dan semoga mendapatkan hasil yang terbaik,” harapnya.

Selesai melaksanakan ujian tertulis, peserta akan melaksanakan ujian wawancara yang akan dilaksanakan mulai jam 13.00 WIB. Kepala Kankemenag dan Kepala KUA Kecamatan Pemalang bertindak sebagai penguji wawancara.

Tes tingkat kabupaten akan menghasilkan empat orang yang berhak mengikuti tes TPHI dan dua orang untuk tes TPIHI tingkat Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Pengumuman akan dilaksanakan sore hari nanti di papan informasi Kankemenag. (fi/rf).