Upacara HUT ke-72 RI Berjalan Lancar Wujudkan Tujuan Kita

BLORA – Peringatan hari Kemerdekaan RI ke 72 di Kankemenag Blora yang diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Kemenag Blora  kemaren (17/8) berlangsung khidmat, lancar dan tertib.

Untuk Itu, Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar menyampaikan terima kasih atas partisipasi aktif petugas maupun peserta upacara yang dengan disiplin dan tertib menjalankan tugas dan fungsinya masing masing sehingga acara memperingati hari bersejarah bangsa Indonesia bisa terlaksana dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut, Nuril Anwar juga membacakan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah yang mengajak masyarakat untuk saling bekerja sama untuk mewujudkan tujuan bersama, karena dengan bekerja sama akan dimudahkan dalam menyelesaikan segala persoalan.

“ Ayo, singsingkan lengan bajumu. Kepalkan tanganmu ke angkasa raya Indone-sia untuk sebuah kerja dan karya nyata,dan saling bergandengan untuk maju, Niscaya dunia akan tahu siapa Indonesia yang sebenarnya ketika kita kerja bersama”ujarnya.

“Dunia akan ternganga, betapa hebatnya Indonesia yang me-langkah secara bersama, sayuk rukun saiyeg saeka praya. Dalam kebersamaan pastilah ada kekuatan yang memudahkan. Dalam kebersamaan, selalu yakin ada penyelesaian pada setiap persoalan”lanjutnya.

Menurutnya pahlawan adalah mereka yang telah mewakafkan diri untuk Indonesia Merdeka. Pahlawan adalah mereka yang telah tulus ikhlas berkorban jiwa raga demi Indonesia yang bersatu dan berdaulat.
“Tugas kita, menjaga api semangat juang kepahlawanan ini agar terus menyala. Sejak revolusi sampai pasca reformasi, sejak Sukarno sampai Joko Widodo, tidak boleh kita biarkan api ini redup apalagi padam, meski kena angin topan dan badai yang menghantam. Karena ini kuatan dan jatidiri sejati kita sebagai sebuah bangsa pejuang. Bangsa yang tidak pernah gentar dan pantang surut ke belakang menghadapi persoalan dan tantangan,” lanjutnya.
Walaupun terlampau banyak agenda seremoni, namun menurutnya insya Allah, agenda ini didedikasikan untuk membangun semangat bangsa Indonesia.

 

“Saya ingin momentum hari ini menjadi penumbuh semangat warga, kemudian menjadi kehendak kuat yang akhirnya dibuktikan oleh kerja nyata. Sebab, yang paling penting, bagaimana mengisi kemerdekaan itu,” tegasnya.

Selain itu, Nuril Anwar juga menyampaikan bahwa Melalui Merdeka kita adalah bergerak serentak dan bekerja bersama memenuhi panggilan sejarah dan tugas suci untuk Ibu Pertiwi. Bergotong royong dan ambil peran partisipatif dan kon-tributif menyelesaikan setiap persoalan bangsa ini. Rumangsa melu handarbeni, rumangsa wajib hangrungkebi, mulat sarira hangrasa wani. Dan pada akhirnya bangga sebagai orang Indonesia yang cinta tanah air dan bersatu dalam persau-daraan untuk kejayaan bangsa.

“Paling tidak kita sudah berbuat untuk kebaikan, dan jangan hanya diam saja dan Saya berharap, mulai hari ini kita mampu berefleksi, mendorong terobosan agar bangsa kita terbang lebih tinggi, bergerak lebih cepat, melangkah semakin kuat, tidak ketinggalan dari kemajuan bangsa lain di pentas global. Hari ini, saya mengajak Lingkungan kemenag Blora untuk saling mengaca, peran apa yang telah diberikan kepada bangsa dan negara. Selamat berjuang Saudaraku semua, dan selamat berkarya”pungkasnya.

Acara diisi pengibaran sang saka Merah putih,pembacaan UUD 1945, pembacaan panca prasetya Korpri dan diakhiri dengan doa bersama yang diikuti seluruh peserta dengan penuh disiplin.(ima/bd)