UPZ Kankemenag Kab. Pemalang Distribusikan Bantuan

Pemalang – Untuk meringankan beban masyarakat akibat pandemi Covid-19 khususnya adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang melaksanakan pendistribusian zakat profesi. Kegiatan pendistribusian secara simbolis dilaksanakan pada hari Kamis (12/8) bertempat di Kankemenag.
Pendistribusian zakat dilakukan oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang yang didampingi oleh Ketua UPZ dan Ketua DWP Kankemenag Kabupaten Pemalang. Pendistribusian zakat dalam bentuk paket sembako. Dalam pendistribusian secara simbolis ini, sebanyak enam paket sembako diberikan kepada anak yatim, pedagang kecil, tukang parkir, tukang becak, guru TPQ, dan guru pondok pesantren.
“Untuk pentasarufan zakat di UPZ Kantor Kementerian Agama pada masa pandemi, ditasarufkan yang pertama kepada para pendidik melalui Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), yang kedua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP), dan yang ketiga melalui Badan Koordinasi TQP (Badko TPQ). Tidak hanya itu, karena di lingkungan Kantor Kementerian Agama banyak yang terdampak, yang pertama ada para pedagang yang ada di sekitar Kantor Kementerian Agama, yang kedua para tukang parkir di ada di sekitar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, yang ketiga tukang becak. Oleh karena itu melalui pembinaan lingkungan, Kantor Kementerian Agama melalui UPZ menyalurkan bantuan, semoga UPZ bisa memberikan manfaat, bisa memberikan kesejahteraan di lingkungan Kantor Kementerian Agama,” kata Kepala Kankemenag, Fahrur Rozi setelah menyerahkan paket sembako.
Menurut penjelasan Ketua UPZ Kankemenag Kabupaten Pemalang, Remanto jumlah zakat yang ditasarufkan di bulan Agustus senilai Rp58,750 juta. Zakat didistribusikan kepada 8 orang pramubakti pada Kankemenag, 28 orang pramubakti pada KUA, 42 orang ustadz TPQ pengurus Badko TPQ kecamatan, 42 orang ustadz madrasah diniyah pengurus FKDT kecamatan, 17 orang tutor pada pondok pesantren wajardikdas, 66 orang anak yatim piatu, serta 32 orang pedagang kecil, tukang parkir, dan tukang becak di lingkungan Kankemenag. Setiap orang menerima paket sembako senilai Rp250 ribu.
Sementara itu, Ketua DWP Kankemenag Kabupaten Pemalang, Siti Khalimatussa’diyah bersyukur jajarannya bisa turut serta berperan aktif mendistribusikan zakat dari UPZ.
“Alhamdulillah DWP Kankemenag Kabupaten Pemalang bisa berperan aktif membagikan sembako, semoga dengan adanya kegiatan ini bermanfaat untuk kita semua,” ujarnya singkat. (fi/rf)