Urgensi Penanaman Moderasi Beragama Di Sekolah

Salatiga — Di tengah kehidupan masyarakat yang majemuk ini, penanaman pemahaman moderasi beragama di sekolah sangat urgen. Terutama di kalangan pelajar Islam yang tergabung dalam organisasi kerohaniaan Islam (Rohis) yang akan menjadi penerus penjuangan bangsa.

Bidang Pendidikan Agama  Islam  Kantor Wilayah Kementerian Agama  Propinsi Jawa Tengah  seolah tak pernah berhenti dalam  menggelorakan  tentang  pentingnya penanaman   moderasi beragama di sekolah. Salah satunya   dengan menggelar kegiatan penguatan Rohis dan Pembina Rohis SMA/SMK se-Jateng pada  Rabu (17/11/2021) .

Kegiatan  yang digelar di Aula  lantai 3 Kanwil Kemenag Jawa Tengah  tersebut  diikuti oleh  pengurus kerohanian Islam (Rohis) dan  Pembina Rohis  SMA/SMK yang merupakan perwakilan dan utusan  dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.  Terselenggaranya kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama antara Pengurus DPW AGPAII Jawa Tengah , MGMP PAI SMA/SMK Propinsi Jawa Tengah dan  Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Imam Buchori, S.Ag, M.Si, Kepala  Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Jateng,  Hj. Afifatun, M.Si,   Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam SMA/SMK/SMALB, Nur Syahid, S.Sos, Plt.Kepala Seksi PTK SMK yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah,  Drs. Untoro, M.Pd, Ketua MGMP PAI SMK Propinsi Jawa Tengah, Hery Nugroho, S.Ag, M.Si dan dari jajaran pengurus DPW AGPAII Propinsi Jawa Tengah.

Di hadapan 100 orang   yang terdiri dari pengurus Rohis dan pembina Rohis SMA/SMK Jawa Tengah,   Kepala  Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Jateng, Imam Buchori, S.Ag, M.Si,  menjelaskan  tentang pentingnya meningkatkan penanaman pemahaman  moderasi beragama di lingkungan sekolah. Melalui gerakan moderasi beragama di sekolah diharapkan dapat  menyelamatkan generasi muda dari rasisme, intoleransi dan radikalisme.

Menurut  Imam Buchori, inti moderasi beragama terletak pada kuatnya pertahanan diri pada posisi di tengah-tengah, berimbang dan toleran. Oleh karena itu, moderasi beragama berbeda dengan modernisasi agama. “Yang harus diperbaharui bukan agamannya, tapi pemahaman atau cara pandang dalam beragama,”tegas Imam Buchori menambahkan.

Pada kesempatan tersebut Kepala  Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Jateng  juga berpesan agar para  anggota Rohis di Sekolah harus diperkenalkan cara bagaimana mengenali hoax agar anak anak lebih bijak dalam  menggunakan media sosial.. Selain itu, melalui moderasi beragama diharapkan dapat  menjaga keharmonisan kehidupan bermayarakat. Oleh karena itu,  para peserta yang telah mengikuti acara ini dapat membagikan wawasan yang diperoleh kepada lingkungan sekitarnya.

Pada kegiatan penguatan Rohis dan Pembina Rohis SMA/SMK se-Jateng tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh  Nur  Syahid, S.Sos  yang menjabat sebagaiPlt Kepala Seksi PTK SMK.  Dalam sambutannya Nur Syahid memberikan appresasi yang setinggi-tingginya kepada  Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Jawa Tengah dan semua pihak atas terselenggaranya kegiatan penguatan  penguatan Rohis dan Pembina Rohis SMA/SMK se-Jateng. Nur Syahid berharap agar  kegiatan semacam ini terus digelorakan dalam rangka menjalin ukhuwah antar pelajar Islam. Terutama yang tergabung dalam kerohanian Islam atau Rohis.

Dalam kegiatan tersebut  sekaligus diselenggarakan rapat kerja pembina rohis SMA/SMK se-Jateng dengan agenda membahas tentang pelaksanaan Kemah Rohis 2021 virtual  sebagai bagian dari  penguatan pendidikan karakter siswa,  Pelaksanaan kegiatan Kemah Rohis Tahun 2021 secara virtual dijadwalkan berlangsung pada akhir bulan Desember 2021 yang akan diikuti utusan atau perwakilan dari masing –masing anggota dan pengurus rohis SMA/SMK se- Jawa Tengah.

Selanjutnya dalam kegiatan penguatan Rohis dan Pembina Rohis tersebut juga diselenggarakan reorganisasi kepengurusan Rohis  SMA/SMKt Propinsi Jawa Tengah.  Pada acara penutupan, Drs. Untoro, M.Pd, Ketua MGMP PAI SMK Propinsi Jawa Tengah berpesan kepada pengurus Rohis  SMA/SMK Propinsi Jawa Tengah yang lama  agar tetap mendampingi  adik-adiknya dari pengurus  Rohis yang baru serta ikut  membantu menyukseskan penyelenggaraan Kemah Rohis Tahun 2021 secara virtual. (Humas/Dulhadi)