Wakil Bupati Kebumen Resmikan Sanggar Baca Tulis Al Quran

Kebumen – Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz melakukan potong tumpeng sebagai tanda Sanggar Baca Tulis Al quran (BTQ) Kabupaten Kebumen telah diresmikan, Jumat (24/2). Acara yang dilaksanakan di area Masjid Agung Kebumen ini disaksikan Jajaran Pejabat Pemerintah Kabupaten Kebumen, DPR, Kodim, Polres dan Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Turut hadir pada peresmian tersebut Imam Masjid Agung, Ketua BTQ, Kepala KUA Kecamatan Kebumen, Ketua Pokjaluh dan Ketua Pokjawas.

Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan bahwa pendanaan kegiatan BTQ ini akan diambilkan dari dana APBD Kabupaten Kebumen. “Memang sementara ini belum ada, tapi anggaran sedang diusahakan,” tuturnya.

Peresmian Sanggar BTQ ini merupakan hasil dari pertemuan Badko TPQ Kebumen bersama guru PAI beberapa waktu yang lalu di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Pertemuan pada waktu itu sebagai tindak lanjut dari Peraturan Bupati Kebumen Nomor 31 tahun 2016 tentang Pendalaman Pemahaman Kitab Suci.

Menurut Ketua Pokjaluh Pujiman SAg, Sanggar BTQ merupakan sarana pembelajaran bagi siswa sekolah di Kebumen yang tidak bisa dan belum lancar dalam membaca Kitab Suci Al quran. “Kita akan bantu pelaksanaannya, karena menurut beberapa pengamatan guru PAI, masih ada siswa yang belum bisa baca Al quran,” ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa ustadz yang mengajar di Sanggar BTQ sementara ini akan dikoordinir oleh Pokjaluh dengan memanfaatkan Penyuluh Non PNS Kecamatan Kebumen, dan  dibantu  oleh Takmir Masjid Agung.

Drs H Ashari MPdI selaku Pembina BTQ yang juga Kasi PD Pontren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, mengatakan bahwa untuk ujicoba tahap awal akan dilaksanakan 12 kali pertemuan. “Seminggu sekali pada hari sabtu ba’da dzhuhur,” katanya.

Selain itu Ashari menyampaikan bahwa setelah terbentuk di Kabupaten, kedepan Sanggar BTQ juga akan dibentuk di tiap kecamatan wilayah Kabupaten Kebumen. “Wacana kedepan BTQ nanti akan dibentuk di tiap Kecamatan,” ujarnya.

Peresmian Menara dan Layanan Kesehatan Gratis

Bersamaan  dengan peresmian Sanggar BTQ, Wakil Bupati juga sekaligus meresmikan menara Masjid Agung yang baru selesai dipugar. Pemugaran menara ini menyusul Serambi Mesjid Agung yang telah dipugar dan diresmikan satu tahun yang lalu oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dengan menelan anggaran dari APBD sekitar 4 milyar.

Sesaat setelah peresmian Sanggar BTQ dan Menara Mesjid Agung, Badko TPQ dan Takmir Masjid Agung Kebumen yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Kabupaten Kebumen memberikan layanan kesehatan gratis bagi Jamaah Masjid dan masyarakat sekitar. Tak ayal ruang takmir Masjid penuh oleh Jamaah dan masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatannya, karena dilaksanakan setelah sholat Jumat. Adapun layanan kesehatan gratis yang diberikan meliputi cek kesehatan, pemberian obat-obatan, dan konsultasi kesehatan.(bgkt/Af)