Kemenag Memulai Pekan Peringatan Hari Lahir Pancasila

Purbalingga – Gerakan Pembudayaan Pancasila Dalam Rangka Menyongsong Hari Lahir Pancasila, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga melaksanakan Upacara Bendera Gerakan Pembudayaan Pancasila, yang diikuti oleh seluruh pegawai pada Kankemenag Purbalingga. Upacara yang berlangsung khidmat merupakan rangkaian kegiatan Pekan Peringatan Hari Lahir Pencasila satu pekan sebelum 1 Juni 2017 dan merupakan pelaksanaan dari Surat Edaran Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Jawa Tengah Nomor : 3428/Kw.11.1/HM.00/05/2017.

Pada upacara yang berlangsung di halaman Kankemenag Purbalingga, Jum’at (26/05), Plt. Kepala, Ahmad Muhdzir selaku Pembina upacara dalam amanatnya setelah pembacaan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar filosofi bagi Indonesia.

“Setelah adanya deklarasi hasil rapat BPUPKI menyatakan bahwa Pancasila ditetapkan sebagai dasar dari Philosofische groundslag atau biasa dikatakan sebagai dasar filosofi bagi bangsa  Indonesia tercinta,” ungkap Muhdzir.

Selanjutnya Muhdzir menambahkan, “Pancasila sebagai pondasi Negara dan pandangan hidup Negara maka sudah dipastikan harus ikut dalam dialektika peradaban dunia, namun harus tetap tangguh dan berdiri kokoh sebagai dasar filosofis bangsa Indonesia yang akan terus berembang dan tak pernah berhenti pada tiap titik dan waktunya.”

Ditemui seusai upacara, Ghofir yang bertugas sebagai pengatur upacar mengatakan bahwa upacara berjalan dengan lancar.

“Kegiatan apel pagi rutin yang diganti dengan upacara bendera berjalan lancar, semua petugas bisa melaksanakan tugasnya dengan baik walau tanpa persiapan sebelumnya,” jelasnya. (sf/gt)