Pesantren Romadhon MTs N Prembun

Prembun Р Pada Bulan Ramadhan 1438 H ini, MTsN Prembun kembali mengadakan Pesantren Ramadhan yang diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan pegawai MTsN Prembun. Kegiatan berupa memperdalam kitab karya Ulama yang biasa dikaji di pesantren pada umumnya. Kitab yang dikaji terdiri dari Risalatul Mahid untuk kelas putri, Safinatus Solat kelas VIII, dan Aqidatul Awam untuk kelas VII. Waktu kajian selama 5 hari mulai Pukul 07.00 sampai dengan 12.00.

Tempat kegiatan tersebar di empat lokasi yang berbeda, yaitu Masjid Baitul Haq Kauman Prembun, Masjid Baiturrahim Loji, Mushola al Ikhlas Kemayatan, Mushola Al-Falah dan Musholla Al-Anwar Bagung. Sedangkan narasumber diampu langsung oleh Kyai setempat selaku pengasuh Masjid maupun Musholah yang dijadikan tempat kegiatan. Muhamat Bakri selaku Waka Kesiswaan menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sekaligus  bertujuan untuk Temu Tokoh agama di lingkungan sekitar madrasah.

Selain itu, Mardiyono, , selaku Kepala Madrasah menambahkan bahwa tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memperdalam khasanah literatur klasik pesantren bagi siswa dan guru, selain juga sebagai sarana untuk mengajak masyarakat memakmurkan masjid terutama di Bulan Ramadhan.

Setiap hari kegiatan diawali dengan Sholat Dhuha, dzikir, tadarus, dan kultum, dilanjutkan dengan kajian kitab. Pada hari terakhir MTsN Prembun juga mendistribusikan sodaqoh berupa bahan makanan pokok pada lokasi sekitar masjid maupun mushola tempat kegiatan.

Kegiatan diakhiri dengan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) yang terdiri dari kegiatan buka bersama, sholat tarawih, tadarus, ceramah, Qiyamul Lail, dan sahur bersama. (Humas/Af)