2019, Pelunasan BPIH Akan Dilakukan di Kantor Kemenag

Karanganyar – Setelah banyak melakukan perbaikan terhadap pelayanan ibadah haji yang diantaranya adalah Haji Satu Atap, kini Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar kembali melakukan inovasi dengan memudahkan Jemaah haji yang ingin melakukan pelunasan Biaya Pelunasan Ibadah Haji (BPIH).

Rencana ini disampaikan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Sunarno saat memimpin Rakor Evaluasi antara Seksi Haji dengan Bank Penerima Setoran (BPS) BPIH di aula kantor, (14/11).

“Tahun 2019 nanti, Insya Allah pelunasan BPIH calon haji asal Kabupaten Karanganyar bisa dilakukan di Kantor Kementerian Agama. Saat ini kita sedang berusaha agar BPS yang sudah bekerjasama dengan Kemenag bisa memberi support terkait hal itu, dan beberapa BPS sudah menyanggupinya.” Ujar Sunarno.

Pelunasan BPIH Calon Haji di Kementerian Agama semakin mengokohkan pelayanan haji satu atap yang sudah berjalan selama dua tahun di Kemenag Karanganyar. Disamping itu, pelayanan yang diberikan Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar kepada calon Jemaah haji juga lebih maksimal karena mereka dengan mudah mendapatkan informasi apabila ada kekurangan administrasi terkait pelunasan BPIH.

Selain membahas tentang rencana pelunasan BPIH di Kemenag, rakor juga membahas tentang penambahan BPS yang akan bergabung dengan BPS lain di Kemenag. Disampaikan oleh Sunarno bahwa pihaknya tidak dapat memutuskan sendiri ketika ada Bank yang ingin menjadi BPS di Kemenag Karanganyar karena sudah ada kesepahaman sebelumnya dengan BPS yang sudah bergabung sebelumnya.

“Saat ini sudah ada 6 Bank Syariah yang menjadi BPS BPIH di Kemenag Karanganyar, antara lain BRI Syariah, Muamalat, Mandiri Syariah, Panin Dubai, CMB Niaga dan Jateng Syariah. Rencananya ada dua bank lagi yang ingin bergabung, yaitu May Bank dan Bukopin Syariah. Namun disetujui atau tidaknya harus kita koordinasikan dulu dengan BPS yang sudah bergabung sebelumnya.” Jelas Kasi Hajum.

Di akhir kegiatan, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Sunarno tidak lupa mengingatkan peserta rakor untuk mempersiapkan souvenir pelunasan haji kepada calon haji yang menyimpan BPIH di bank nya masing-masing. Disamping itu, mendekati Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-73 yang jatuh pada tanggal 3 Januari 2018, Sunarno menghimbau agar BPS BPIH ikut mendukungnya. (ida-hd/bd)