26 Pesantren Mendapatkan Bantuan Sanitasi Tahap II

Rembang – Sebanyak 26 pesantren di Rembang mendapatkan bantuan program sanitasi pondok pesantren tahap II tahun 2021. Bantuan ini dianggarkan oleh Kementerian PUPR dan data dari Kementerian Agama.


Staf Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Rembang, Asrof Masruf Dafaq mengatakan, bantuan ini merupakan bantuan tahap II tahun 2021. Adapun bantuan tahap I kepada 20 pondok pesantren, sudah dilaksanakan.
Asrof mengatakan, 26 ponpes ini merupakan ponpes yang terdata di Kementerian Agama Kabupaten Rembang dan sudah melalui tahap verifikasi lapangan. “Syarat yang memperoleh bantuan ini adalah Ponpes yang terdata di Emis Kemenag Rembang,” kata Asrof ketika diwawancara Rabu (21/7/2021).
Asrof menyebutkan, bantuan untuk sanitasi ini adalah berupa fasilitasi MCK dengan nilai Rp200 juta untuk setiap pondok pesantren. Nilai ini diperuntukkan membangun 8 MCK lengkap dengan tempat cuci dan tempat berwudu.
Dukung PHBS Ponpes ,Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Rembang, Tri Mulyani menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR yang berkenan memperhatikan pesantren.
Menurut Tri, bantuan ini sangat mendukung kebersihan di pesantren. Apalagi di tengah situasi pandemi saat ini, para santri sangat membutuhkan fasilitas kebersihan. “Bantuan sanitasi ini sangat mendukung santri untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, bersih dan sehat,” kata Tri. — iq