33 Siswa Madrasah Kabupaten Temanggung Ikuti KSM Tingkat Provinsi

Temanggung – Sebanyak 33 peserta asal Kabupaten Temanggung mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 yang digelar secara online pada tanggal 19-20 September 2021.

Khusus peserta KSM Kabupaten Temanggung dipusatkan di Madrasah Aliyah Negeri Temanggung, Minggu (19/09) diikuti oleh jenjang Madrasah Aliyah dan khusus jenjang tingkat MTs dan MI terjadwal pada Senin, 20 September 2021 yang dibagi beberapa sesi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Ahmad Muhdzir dalam arahannya menyebut bahwa KSM adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dan dilaksanakan berbasis teknologi informasi.

“Pemanfaatan teknologi informasi dalam KSM dimaksudkan untuk menjamin akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan kompetisi,” ucapnya.

Salah satu tujuan dilaksanankannya KSM ini untuk meningkatkan kemampuan peserta didik di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di Kementerian Agama dengan tujuan untuk mengekspresikan bakat kemampuan untuk bisa lebih mencintai dan lebih memahami dunia sains.

Ahmad Muhdzir menjelaskan, secara umum bahwa KSM bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuh kembangan budaya belajar, kreativitas dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam ridha Allah SWT dengan kompetisi yang sehat, serta menjunjung nilai-nilai sportivitas serta menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Sedangkan secara khusus tujuan KSM adalah menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains.

“Hadapi soal-soal dengan rileks dan santai, dalam artian santai bahwa anak-anakku sudah siap, bukan santai karena tidak tahu apa-apa, akan tetapi santai bahwa sudah bersiap dan yakin untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah untuk bersaing dengan peserta lainnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Ahmad Sugijarto menyampaikan rekapitulasi data peserta KSM Kabupaten Temanggung yang ikut di tingkat Provinsi Jawa Tengah terdiri dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) 6 anak, tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) 9 anak dan tingkat Madrasah Aliyah (MA) 18 anak.

Adapun mata pelajaran yang diujikan pada tingkat MI, terdiri dari Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, pada jenjang MTs adalah Matematika, IPA dan IPS. Sementara untuk mata pelajaran pada jenjang MA terdiri dari Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi dan Goegrafi. “Kepada peserta yang mengikuti KSM tingkat provinsi ini kami minta untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk menghasilkan yang terbaik mewakili ke tingkat nasional nantinya,” himbaunya.(sr/rf)