374 Peserta MAN 1 Wonosobo Sukses Jalani Proses Ujian

Wonosobo – Usai lewati kendala teknis pada hari ke 2 pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer yang dialami MAN 1 Wonosobo, hari berikutnya yakni hari ke 3 ujian kembali terpantau lancar tanpa ada kendala apapun.

Sebelumnya tepat dihari ke 2 pelaksanaan UNBK yang diikuti sebanyak 374 peserta yang terdiri dari 350 siswa MAN 1 Wonosobo dan 24 siswa dai MA Matholiul Anwar tersebut, baik peserta maupun pihak penyelenggara harus dibuat cemas lantaran terdapat kendala teknis yakni pada mata pelajaran matematika sesi 1 dan 2, yang mana rata-rata soal pada peserta ujian tidak muncul.

Meskipun sempat membuat peserta dan pihak madrasah resah, nyatanya keresahan tersebut tidak berlangsung lama. Seperti yang sudah disebutkan tadi, pelaksanaan hari ke 3 dihari Rabu, (11/04) tadi, dengan jadwal UNBK yakni mata pelajaran bahasa inggris yang diujikan, berjalan lancar dan tidak mengalami kendala baik dari siswa, protokor maupun teknisi.

Selanjutnya, saat dilakukan audiensi, Warsam selaku kepala MAN 1 Wonosobo, menyampaikan bahwa pihaknya sudah menemukan solusi terkait kasus kendala tersebut.

“Untuk kasus soal matematika yang tidak muncul di hari ke 2 sesi 1 dan 2, kami sudah menemukan solusinya, yaitu melakulan ujian susulan pada minggu ke 3 yakni di hari selasa, tanggal 17 April mendatang dan serentak bersama dengan SMA/MA yang lain,”terangnya.

Disisi lain, Syaefurrahman  yang bertindak selaku waka kurikulum menambahkan, untuk data soal dan siswa yang mengalami masalah, sudah dilaporkan ke pusat melaui website UNBK 2018.

“Kendala memang tidak bisa diduga dan sebenarnya tidak kami harapkan, namun untuk data soal dan siswa yang kemarin mengalami masalah, sudah saya laporkan melalui website UNBK kepada pusat. Dan diharapkan nantinya siswa yang bermasalah tersebut bisa mengikuti ujian susulan,”jelasnya

Sementara itu, Munif beserta Sugiono, Selaku staf Pendidikan Madrasah atau Penmad Kementerian Agama Kanwil Provinsi Jawa Tengah, yang didampingi Solihin selaku Staf Penmad Kemenag Wonosobo, diakhir kunjungan melakukan Monitoring di MAN 1 Wonosobo pihaknya berharap, MAN 1  Wonosobo dapat menjalankan UNBK dengan lancar sampai hari akhir.

“Dari pengalaman kendala kemarin, saya berharap MAN 1 Wonosobo tidak akan mengalami kendala yang serupa, dan terus melaksanakan UNBK dengan lancar. Terlebih MAN 1 Wonosobo juga harus mewadahi 25 Siswa dari madrasah lain. Semoga sukses dan mampu menciptakan generasi lulusan yang unggul,”tandasnya.(ps-ws/rf)