6 MI Selenggarakan Simulasi ANBK Di MA Ma’arif NU Wanayasa

Banjarnegara – MA Ma’arif NU Wanayasa (MAMANUSA) terus menambah kelengkapan sarana dan prsarananya. Setelah berhasil menyelenggarakan ANBK MA, kini Laboratorium Komputer MAMANUSA juga dipakai untuk menyelenggarakan simulasi ANBK MI. Terhitung ada enam MI yang menyelenggarakan ANBK online di MAMANUSA, yaitu MI Sikenong, MI Sirawa dan MI Suwidak untuk simulasi hari Senin-Selasa (18-19/10/2021), MI Kecepit Kubang, MI Jomblang dan MI Legok untuk hari Kamis-Jum’at (21-22/10/2021).

“Alhamdulillah, lancar untuk sinyal, server dan segala sesuatunya tidak ada kendala suatu apa pun,” kata Asnawi Widianto, selaku Kepala Madrasah.

Untuk sinkronisasi juga tidak diperlukan karena menggunakan sistem full online. Untuk proktornya memakai jasa proctor MAMANUSA.

“Untuk simulasi, belum ada daftar hadir, jadi saya hanya tinggal memandu dari anak memasukkan kode Token hingga selesai simulasi. Dari masing-masing MI mendatangkan dua guru pendamping untuk memantau pelaksanaan simulasi,” kata Maratus Sholihah, proktor MA.

Meski sebagai guru mapel Bahasa Inggris, ia harus tetap melaksanakan pembelajaran daring, namun tugas tambahan sebagai proktor ANBK MI ini tetap ia laksanakan dengan tuntas, karena dari MI belum sekalian menyertakan tenaga guru untuk memproktori pelaksanaan simulasi ANBK ini.

“Ini baru simulasi, Senin depan sampai hari Kamis (25-28/10/2021) adalah pelaksananaan Gladi Bersih. Dan pelaksanaan ANBK sendiri Senin berikutnya. Diharapkan guru pendamping dari masing-masing MI sudah bisa ikut memproktori sendiri karena sudah ikut memantau selama ini,” tambahnya

Ada 15unit komputer di Laboratorium MAMANUSA. Ditambah 1 unit komputer untuk proktor. Dan semuanya dalam kondisi baik.

“Kami siap jika ada madrasah yang ingin menginduk di madrasah kami untuk melaksanakan ANBK, seandainya ada pemadaman listrik dari PLN pun, kami sudah menyiapkan genset”, tutup Kamad. (asg/ak/rf).