Akurasi Data Dibutuhkan Dalam Merencanakan Program dan Pengambilan Kebijakan

Kota Magelang – Emis adalah salah satu jenis aplikasi data  pendidikan Islam yang di kembangkan oleh Subbag Sistem Informasi, bagian perencanaan dan sistem informasi, Setditjen Pendidikan Islam (Tim Emis Pusat). Validasi sangat penting dalam mengorientasikan setiap kegiatan di pondok pesantren. Kementerian Agama Kota Magelang melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren menggelar Rapat Koordinasi Education Management Information System (EMIS) pada Pondok Pesantern di Aula Kankemang Kota Magelang, Senin (27/03). Rakor diikuti 20 orang pengelola data Emis pada Pondok Pesantren se Kota Magelang.

Ka.Kankemenag Kota Magelang H. Anif Solikhin dalam sambutannya mengatakan rapat koordinasi Seksi PD Pontren menjadi salah satu alternatif dalam rangka melaksanakan Program dan mengarahkan, pemahaman sikap untuk mensinerginya berbagai program pada Seksi Pontren Kemenag Kota Magelang secara dinamis dan Integratif.

‘”Saat ini data sangatlah penting bagi Pondok Pesantren khususnya bagi pengelola EMIS. Akurasi data sangat dibutuhkan dalam merencanakan suatu program dan pengambilan kebijakan,” katanya.

Anif menginginkan semua operator Pondok Pesantren menyinkronkan data. “Laksanakan pendataan ini dengan benar atau valid agar dapat dipertanggungjawabkan, karena data merupakan gambaran situasi keadaan lembaga dan data bisa memberikan informasi,” tegasnya.

Kasi PAIS dalam hal ini Sunaryanto menambahkan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memperoleh data yang update tentang Pondok Pesantren. “Terkelolanya data ini juga dengan tujuan untuk mensingkronkan data yang ada pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kankemenag Kota Magelang” katanya. (M4r/Isma/Af)