Apel Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Kab. Pekalongan – MAN Pekalongan melaksanakan apel peringatan hari kesaktian Pancasila di halaman sesuai protokol kesehatan. Kegiatan ini diikuti guru dan pegawai dengan mengenakan seragam hitam putih. Apel ini dimulai pukul 07.30 – 08.30 WIB. Jumat, (1/10/2021)Yang menarik pada kegiatan apel peringatan hari kesaktian Pancasila dibacakan ikrar oleh pembina apel dan diikuti semua peserta apel. Ikrar yang menekankan mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Landasan ideologi Pancasila menjadi dasar negara dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Drs. Maspau Kepala MAN Pekalongan menyampaikan agar mendoakan para pahlawan revolusi dan pendiri madrasah.

“Sejarah kejayaan menjadi penyemangat dan sejarah kelam menjadi pengingat akan sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bangsa Indonesia sejak diproklamasikan 17 Agustus 1945 mengalami rongrongan dari dalam dan luar negeri. Salah satunya rongrongan dari dalam negeri peristiwa G 30 S PKI. Berkat rahmat Allah yang maha kuasa dan semangat persatuan bangsa Indonesia mampu mempertahankan NKRI serta menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara. Implikasi dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai warga negara untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila.”ujarnya.

Kegiatan apel ditutup dengan doa atas segala karunia telah diberikan Allah SWT dan kesiapan warga MAN Pekalongan untuk menjadikan Pancasila sebagai ideologi berbangsa dan bernegara. Mempertahan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.(C-NA/Ant/bd).