ASN Kemenag Dituntut Berinovasi dan Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Rembang – ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang diminta untuk meningkatkan lima budaya kerja pada tahun 2019 ini. Karakteristik masyarakat yang kian berkembang, agar menjadikan ASN Kemenag meningkatkan inovasi kinerja dalam rangka melayani masyarakat.

Demikian dikemukakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho’illah ketika memberikan pengarahan dalam acara takhtimul Qur’an guna memperingati Hari Amal Bakti ke-73 Kementerian Agama di aula Kankemenag Kabupaten Rembang, Rabu (2/1/2019).

Menurut Atho’illah, karakteristik masyarakat tidaklah seperti dulu lagi. Sebagian besar masyarakat sudah masuk kategori ‘milenial’, dan akibat pergaulan yang luas, sikap kritis mereka rentan muncul. Bukan hanya di lapangan, tapi kadang pula di media sosial. “Dalam melaksanakan tugas, kita jangan hanya menggunakan kacamata kuda, namun juga bisa menerima masukan dari masyarakat,” sambungnya.

Untuk menghadapi masyarakat ini pula, segenap ASN Kemenag Rembang diminta untuk mengedepankan profesionalitas, bersikap cerdas, dan penuh inovasi. “Jangan hanya jalan di tempat. Melakukan tugas tanpa ada perkembangan berarti,” tandas Atho’illah.

Selain itu, Atho’illah juga mengimbau segenap ASN untuk memegang teguh NKRI dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. “Dengan Pancasila, kita bisa melaksanakan kehidupan beragama dan bernegara. Oleh karena itu, Pancasila dan NKRI wajib kita jaga,” tegasnya.

Takhtimul Qur'an ini merupakan budaya kantor Kemenag kabupaten Rembang yang diadakan menjelang Hari Amal Bhakti ke-73 Kementerian Agama. Segenap ASN Kemenag Rembang, Pengawas Madrasah/PAI, Kepala Madrasah Negeri, Kepala KUA, penghulu, dan penyuluh turut serta dalam kegiatan ini.

Ketua Panitia takhtimul Qur’an, Imam Suyono mengatakan, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. “Dengan takhtimul qur’an ini, semoga kita mendapatkan keberkahan dalam melaksanakan tugas sebagai ASN,” ujarnya.

Di akhir acara, diadakan pemotongan dan penyerahan tumpeng dari Ketua Panitia Imam Suyono kepada Kakankemenag, dilanjutkan Kakankemenag kepada Kasubag Tata Usaha. — iq/bd