Bagian PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Layani Pelimpahan Nomor Porsi Calon Jamaah Haji Di Aula Kemenag Kab. Batang.

Batang – Untuk merealisasikan Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 130 Tahun 2020 tentang Pelimpahan Nomor Porsi Jamaah Haji Meninggal Dunia atau Sakit Permanen, Kemenag Kabupaten Batang bersama Tim Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah melakukan foto dan sidik jari terhadap 34 Calon jamaah haji limpahan dari dari orang tuanya yang meninggal dan sakit tetap. Acara itu dilaksanakan di aula lantai 2 Kemenag Kabupaten Batang pada Rabu (16/06) yang lalu.

Ketua Tim Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa H. Ahmadi selaku Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji dalam keteranganya mengatakan bahwa pihaknya melaksanakan itu sebagai pelaksanaan dari Keputusan Dirjen PHU Nomor 130 Tahun 2020, dan yang berkewajiban melakukan perekaman baik foto maupun sidik jari adalah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

“Sebenarnya calon jamaah haji yang melakukan pelimpahan itu datang ke kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah di Semarang, namun untuk memudahkan para calon jamaah kita yang datang ke Kabupaten/Kota seperti di Kemenag Kab. Batang ini,” jelas H. Ahmadi.

Sementara Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Batang H. Lutfi Hakim Arif Effendi dalam keteranganya mengatakan  bahwa Proses ini seyogyanya dilaksanakan di Kanwil namun dikarenakan dalam masa Pandemi dan  banyaknya jumlah pemohon, Kanwil melaksanakannya di daerah, dan hal ini disambut positif oleh jamaah sehingga mereka tidak harus datang di Kanwil Kemenag Provinsi Jateng.

“Alhamdulillah acara pelimpahan nomor porsi calon jamaah haji atas 34 orang dari Batang dapat dilaksanakan di Batang, sebenarnya ini harus dilakukan di PHU Kanwil Kemenag Provinsi di Semarang, tapi karena masa pandemi dan banyak jumlah pemohonnya maka PHU Kanwil yang datang ke Kabupaten termasuk di Batang,” kata H. Lutfi.

Dia juga menyampaikan ucapan terimakasih pada Tim dari Bagian PHU Kanwil yang telah dengan sabar menunggu, melayani baik foto maupun sidik jari dari calon haji Kabupaten Batang.

“Saya sampaikan ucapan terimakasi pada tim Kanwil yang telah melayani pelimpahan porsi calon haji di Batang ini, dan mohon maaf bila ada banyak hal yang kurang,” tambahnya.

Dari 34 Calon Jamaah haji yang dijadwalkan untuk melakukan pelimpahan nomor porsi diperkirakan akan berangakan di tahun 2022 maupun tahun berikutnya itu, sampai jam 15.00 WIB hanya datang 29 orang, menurut Faisol Pelaksana PHU Kemenag Kab. Batang 5 orang yang tidak hadir itu dikarenakan ada halangan secara pribadi, sehingga diharapkan ke mereka melakukan foto dan sidik jari di Bagian PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. (Zy)