Bangkitkan Semangat Guru Lewat Lomba Kompetensi Kepala Dan Guru

Temanggung – Salah satu peningkatan mutu pendidikan yaitu tersedianya kualitas guru kepala sekolah yang berkualitas. Oleh karena itu, Kementerian Agama Kabupaten Temanggung melakukan lomba kompetisi guru RA dan kepala madrasah.  Kompetisi ini dilakukan guna meningkatan kualitas guru dalam Best Practice  dan penguatan mutu ilmiah dalam penelitian.

Bertempat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, sebanyak dua puluh lima guru dari berbagai tingkat satuan pendidikan mulai RA sampai MA di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung mengikuti lomba kompetensi guru dan kepala. Kagiatan yang dilaksanakan pada tanggal 13 November 2017 dibuka oleh Kasubag TU mewakili Kepala Kantor.

Dalam sambutanya Ahmad Sugijarto memberikan apresiasi kepada para peserta sekaligus mengharapkan agar para peserta dapat menjadikan lomba ini sebagai sarana menambah pengalaman  dan pembelajaran terutama dalam penulisan karya ilmiah. Persoalan menang dan kalah adalah merupakan hal yang biasa dalam setiap kompetisi.

Sementara itu Hery Setyowibowo mewakili Pokjawas sebagai penyelenggara kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat para guru dan kepala untuk lebih sering menulis baik Karya Ilmiah ataupun karya lain yang sesuai dengan kompetensi guru.

Adapun juri presentasi karya tulis ilmiah dari akademisi kampus Sigit Tri Utomo, Sekprodi PAI STAINU Temanggung dan dari Perwakilan SMK N 1 Temanggung Bapak Hendro yang pernah menjadi Nominator Guru Berprestasi tingkat Nasional. “Juri diambilkan dari luar Kementerian Agama agar penilaian objektif karena pemenang akan mewakili Temanggung untuk ke Provinsi,” jelasnya.

Beliau menambahkan, usai proses itu  akhirnya masing-masing nominator dari RA, MI, MTs dan MA serta Kepala nilai akhir yang diperoleh akan direkap dan diumumkan pada hari Rabu, 15 November 2017.  Dari  lomba ini para juara pertama akan diikutkan dalam lomba sejenis tingkat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Dan pemenangnya adalah : Jenjang Guru RA/BA : Siti Dwi Hidayati guru RA Masyitoh Purwodadi Tembarak, Jenjang MI : Paryani Guru MI Nurul Umah Tawangsari Tembarak, Jenjang  Guru MTs : Sutini guru MTsN Kedu, Jenjang Guru MA : Sri Yani Widyaningsih Guru MAN Temanggung. Sedangkan Kategori Kepala :  Jenjang RA/BA : Tutik Hariyani Kepala RA Masyitoh I Krajan Tembarak, Jenjang MI Nginayatul Khasanah Kepala MI Darut Thulab Tembarak, Jenjang MTs : M. Nasekhun Kepala MTs Ma’arif Wadas Kandangan. (nm/sr/Af)