Basda resmi berubah menjadi Baznas Kota Tegal

Tegal – Selasa, 28 April 2015 kemarin dilaksanakan serah terima jabatan Plt. Ketua Umum Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kota Tegal yang dijabat Kakankemenag Kota Tegal H. Nuril Anwar, SH, MH kepada kepada Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal KH. Harun Abdi Manaf, SH, MH.

Acara yang dilaksanakan di ruang kerja Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal tersebut disaksikan empat pimpinan Baznas lainnya. Mereka adalah Dr. H. Muslih Dahlan (Sekretaris), H. Husein Afif (Bidang Pengumpulan), H. Nurkholis Mustaqim (Bidang Pendistribusian) dan H. Suwarso (Bidang Pendayagunaan). Turut ikut menjadi saksi acara serah terima jabatan tersebut Kasubbag TU Drs. H. Tohari, M.Pd.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan seluruh aset Bazda Kota Tegal oleh Plt. Ketua Umum Bazda Kota Tegal H. Nuril Anwar, SH, MH kepada Ketua Umum Baznas Kota Tegal KH. Harun Abdi Manaf SH, MH. Ketua Umum Baznas juga menerima laporan kondisi keuangan, barang inventaris, dan program kerja yang harus diselesaikan. Setelah serah terima jabatan ini tampuk pimpinan kepengurusan Baznas dan semua aset Baznas Kota Tegal menjadi tugas dan tanggung jawab Ketua Umum yang baru.

Sekretariat Baznas setelah acara serah terima ini dilakukan juga akan menempati gedung baru di lingkungam komplek balaikota yang telah disediakan Pemkot Tegal. Sebelumnya sekretariat Bazda berada di Kankemenag Kota Tegal. Bedasarkan aturan yang ada pula, pengurus Baznas kini dijabat oleh orang-orang di luar birokrasi atau bukan dari kalangan PNS. Keterlibatan PNS dalam pengelolaan Baznas sifatnya hanya diperbantukan.

Seperti diketahui Bazda Kota Tegal kini telah berganti nama menjadi Baznas Kota Tegal. Terbitnya Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat menghendaki adanya perubahan nomenklatur dari Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) menjadi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Selain itu struktur kepengurusan juga mengalami perubahan. Kepengurusan Baznas Kota Tegal dengan Ketua Umum KH. Harun Abdi Manaf SH, MH telah dikukuhkan Walikota Tegal Hj. Masitha Suparmo pada 25 Maret 2015 lalu di Pendopo Ki Gede Sebayu.(lil)