Belajar dan Berdoa Sepanjang Hayat

Rembang – Panitia Pelaksanaan Pelepasan Siswa MA Mambaul Ulum, Sumber, Rembang Ahmad Najib menyampaikan, segudang prestasi yang diperoleh seorang siswa bukan menjadi satu-satunya ukuran siswa sukses menimba ilmu, karena keberhasilan siswa dalam belajar harus ditunjukkan dengan berperilaku yang baik dan bisa mengamalkan ilmu tersebut kepada masyarakat.

Ahmad Najib mengatakan, usai lulus, para siswa diminta untuk menjaga  perangai baik. Menurutnya, akhlakul karimah adalah ciri khas madrasah yang harus ditunjukkan kepada masyarakat.

“Akhlak yang baik merupakan hal utama yang menunjukkan identitas kita sebagai lulusan madrasah. Pegang teguh prinsip ini,” tandas Ahmad Najib di hadapan seluruh siswa kelas XII dan para orang tua murid di Halaman Madrasah, Rabu (10/04).

Najib juga berpesan calon wisudawan untuk selalu menjaga nama baik Madrasah. memilih perguruan tinggi yang terbaik untuk jenjang pendidikan selanjutnya. “Jangan lupa teruslah berprestasi,” ujar najib.

Acara ini diisi tausiyah oleh Ustadz M. Masykur. Dikatakannya, belajar dan berdoa tidak sebatas saat menghadapi ujian nasional saja, tapi juga setiap saat. Sebagai siswa, menggapai pengetahuan saja tidaklah cukup.

“Dibutuhkan konsep ketawadhuan sikap dan  kesetimbangan antara iman, ilmu (pengetahuan) dan amal. Hal ini selaras dengan visi dan misi madrasah, iman, taqwa, berbudi pekerti luhur, disiplin dan religius,” paparnya.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan penampilan karya seni siswa-siswi, antara lain Rebana, Paduan Suara, Drama ande-ande lumut, Tari tradisional nirmala dan lain-lain.

Youhana Siswi kelas XII mengaku terharu dengan konsep kegiatan yang diselenggrakan, ia juga mengucapkan terima kasih kepada para guru yang telah berkenaan membimbing, mendidik, mengajar kepada ia dan teman-temannya dengan penuh kesabaran. Sebagai lulusan madrasah, Youhana berharap bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. (dwi-iq/gt)