Belajar di Luar Kelas, Memacu Siswa Aktif dan Kreatif

Kota Magelang – MI Al-Iman Kota Magelang, selalu berupaya memberikan pembelajaran terbaik kepada siswa, salah satunya dengan memberikan ruang untuk guru mengembangkan teknik mengajar di luar kelas. Belajar tak harus selalu di dalam kelas. Belajar di luar kelas pun mampu menciptakan suasana pembelajaran yang mengasyikkan dan tidak merasa jenuh. Pembelajaran dapat dilaksanakan di luar kelas, seperti di tempat-tempat terbuka tempat manusia bisa saling berinteraksi.

Hal ini disadari oleh guru MI Al-Iman Kota Magelang. Sekitar 29 siswa/i ini diajak belajar ke luar kelas, Sabtu (20/10).

“Kami mengajak para siswa untuk belajar di luar kelas agar mereka tidak jenuh dan agar mereka lebih kreatif serta melihat berbagai hal atau objek yang berkaitan langsung dengan materi yang diajarkan. Dengan demikian, konsep yang diajarkan akan lebih bermakna,” kata Muflihatuth.

Kepala MI Al-Iman Kota Magelang, Muflihatuth Thohiroh menambahkan, belajar di luar ruang kelas juga lebih interaktif, menyenangkan, santai, dan lebih leluasa.

“Kegiatan seperti ini dirasakan sangat besar manfaatnya, karena selain dapat mengubah persepsi konsep pembelajaran, belajar di luar ruang kelas juga lebih interaktif, menyenangkan, santai, dan lebih leluasa. Mengajak siswa belajar di luar ruang kelas dapat memberi pengaruh positif, dapat menambah wawasan, bahkan dapat langsung diaplikasikan di lapangan,” ucapnya lagi.

Belajar dalam lingkungan yang kondusif akan menumbuhkan budaya kreatif dan aktif kepada para siswa untuk dapat menggunakan lingkungan di sekitarnya sebagai sumber belajar secara alami. Dengan berada di luar ruangan kelas, diharapkan dapat memacu siswa agar belajar lebih aktif dan kreatif lagi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. (Lilik/Sua)