IPHI Kota Semarang Siap Dukung Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 H/2022 M

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang-Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang selalu menggandeng organisasi dan juga forum komunikasi, serta lembaga-lembaga terkait dalam rangka pencapaian visi dan misi Kementerian agama. Seperti halnya dalam penyelenggaraan ibadah haji. Organisasi Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Kota Semarang pun ikut dirangkul guna suksesnya penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M.

Kamis (9/6/2022), IPHI Kota Semarang menggelar acara verifikasi di kantor sekretariat IPHI Kota Semarang. Dalam kegiatan tersebut, Ketua IPHI Kota Semarang, Soeparman, menyampaikan akan mendukung penuh penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. “IPHI ikut berperan aktif demi kelancaran dalam mempersiapkan ibadah bagi para calon tamu Allah, melalui berbagai kegiatan, seperti menyelenggarakan manasik dan juga mempersiapkan administratif lainnya,” ujarnya.

“Pengurus IPHI siap mengantarkan calon jamaah haji Kota Semarang pada 18 Juni besok. Insya Allah kami akan ikut mengantar calon jamaah haji Kota Semarang ke Donohudan Solo,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Soeparman menuturkan jika IPHI Kota Semarang secara rutin menerima anggaran hibah dari Pemerintah Kota Semarang setiap 2 tahun, yang mereka wujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan, seperti rapat koordinasi,  majlis taklim, manasik ibadah haji, dan pendampingan jamaah haji. “Tidak hanya yang bersifat rutin, anggaran hibah tersebut, insya Allah pada tahun 2023 akan kami pergunakan untuk menggelar Rakerda (Rapat Kerja Daerah) dan kegiatan lain sebagai perwujudan eksistensi pelaksanaan tugas dan fungsi IPHI di Kota Semarang,” ujarnya.

Hadir pula Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Semarang, yang diwakili oleh Riyanto. Dalam sambutannya ia menyampaikan, Pemerintah Kota Semarang sangat mensuport terhadap kegiatan IPHI Kota Semarang, dan berharap sinergitas ini terus berkelanjutan. “Kami selalu mendukung program-programn positif yang diagendakan oleh IPHI Kota Semarang. Semoga Pengurus IPHI senantiasa bisa kompak, dan anggaran hibah juga dari tahun ke tahun bisa lebih meningkat,” katanya.

Pada bagian lain, Diah pegawai Badan Kesbangpol Kota Semarang memberikan penjelasan mengenai dokumen apa saja yang harus dipenuhi oleh IPHI Kota Semarang, terkait pemanfaatan anggaran hibah yang diterimanya dari Pemkot Semarang. “Di setiap pelaporan kegiatan, harus dilengkapi dengan rincian belanja barang yang dibelanjakan dalam setiap kegiatan, serta persyaratan administratif lainnya yang diperlukan,” terang Diah.

Dalam kegiatan verifikasi tersebut, Sekretaris IPHI Kota Semarang menyerahkan kelengkapan berkas administrasi verifikasi  sebagai ormas penerima hibah tahun 2023 kepada perwakilan Badan Kesbangpol Kota Semarang.(Agus Haryadi/NBA/rf)