MAN 2 Rembang Punya Gawe, Gelar Pemilu OSIS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Lasem – Sebagai negara berdemokrasi, pembelajaran demokrasi perlu ditanamkan sejak dini. Hal ini untuk memupuk rasa kompetisi, hak pilih, menyampaikan pendapat dan lainnya. Begitu pula di lingkungan sekolah.

MAN 2 Rembang menggelar Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pilkaos) sebagai wujud sarana demokrasi di sekolah yang juga sudah menjadi agenda tahunan. Kegiatan ini laksanakan pada hari Selasa, 12 September 2023 di aula madrasah.

Ada tiga pasangan calon (paslon) yang mengikuti kompetisi ini setelah melalui seleksi ketat. Mereka sebelumnya sudah menjalani tahap kampanye dan juga debat terbuka untuk menyampaikan visi misi mereka.

Ketiga paslon tersebut “dipajang” di panggung aula dengan pakaian selayaknya pengantin. Sementara di tengah aula disulap menjadi tempat pemungutan suara seperti suasan pemilu pada umumnya.

Para peserta didik diberi kesempatan untuk menyalurkan hak pilihnya secara bergantian dengan cara mencoblos pada surat suara yang disediakan. Guru dan karyawan juga mendapat hak pilih dengan antusias.

Keseruan terjadi ketika proses penghitungan suara yang disaksikan para kandidat, saksi serta para pendukung. Ketiga paslon saling berkejaran dan akhirnya paslon nomor urut 3 memperoleh suara terbanyak dengan 607 suara dari 1318 surat suara yang masuk.

Achmad Dhiyauddien, Ketua OSIS terpilih menyatakan rasa syukurnya atas hasil ini. Ia menyatakan bahwa ini bukan merupakan persaingan karena sama-sama ingin menjadikan OSIS yang lebih baik.

“Alhamdulillah, terima kasih atas kepercayaan teman-teman dan Bapak Ibu guru. Mohon bimbingan supaya bisa melaksanakan amanah ini dengan baik,” harapnya.

Setelah pemilihan ini, OSIS MAN 2 Rembang akan mengadakan open recrutmen calon pengurus OSIS selama satu periode mendatang yang akan diisi peserta didik kelas X dan XI. (huda/iq/rk)