Tingkatkan Mutu Sarpras, Kemenag Jateng Serahkan Ratusan Unit Desktop Computer untuk Madrasah Swasta

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas)  – Upaya peningkatan mutu sarana dan prasarana madrasah mewujudkan transformasi digital dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia kepada madrasah negeri maupun madrasah swasta. Kanwil Kemenag Provinsi Jateng merealisasikan bantuan sarana dan prasarana berupa barang yang diperuntukan bagi 87 madrasah yang terdiri dari 78 Madrasah Tsanawiyah dan 9 Madrasah Aliyah swasta di Jawa Tengah.

Hari ini Senin (3/6/2024), secara simbolis Kakanwil Musta’in Ahmad menyerahkan bantuan kepada perwakilan madrasah swasta, didampingi Faridi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah dan Munief Ma’nawi Ketua Tim Kerja Sarana dan Prasarana. Nantinya, masing-masing madrasah akan memperoleh 6 (enam) unit desktop komputer, satu diantaranya dipergunakan untuk server.

Penyerahan dilakukan di Auditorium Majeng, Kota Semarang. Ini merupakan penyerahan tahap kedua sebanyak 50 bantuan. Sebelumnya, penyerahan tahap pertama telah dilaksanakan di Asrama Haji Donohudan pada 19 April 2024 sebanyak 37 bantuan.

Kakanwil dalam sambutannya mengemukakan, program prioritas transformasi digital mendorong madrasah digital. “Menghadapi zaman yang serba digital harus berani memiliki gagasan besar yang memotivasi diri jadi yang lebih baik lagi. Maka kemauan dan kemampuan digital kini telah menjadi bagian dari kebutuhan keterampilan dan pendukung proses belajar mengajar,” tutur Musta’in.

Musta’in sampaikan bahwa 87% anggaran Kementerian Agama digunakan untuk pendidikan agama. Sisanya 13% barulah digunakan untuk urusan agama.

“Di tengah-tengah keterbatasan kita harus tetap sanggup memandang jauh kedepan, semua punya kesempatan. Tangkap apinya jangan abunya, jangan banyak mengeluh! Sambil selesaikan masalahnya kita terus pandang ke depan. Apa yang sudah kita cqpai, Madrasah yang sudah baik dan bagus ini harus kita jaga supaya tidak ada hal-hal yang mengganggu,” pungkasnya.

Harapannya unit bantuan dapat digunakan dengan maksimal untuk mengolah data, mengakses kemudahan dari fungsi digital lainnya, serta dipergunakan untuk Computer Based Test (CBT). Pasca serah terima bantuan sarana prasarana, Bidang Pendidikah Madrasah melakukan pembinaan kepada 26 Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten/Kota serta perwakilan dari Madrasah penerima. (Ps/Bel)