Bupati : Kegiatan Ziarah Menjadikan Persaudaraan Kita Tidak Terputus

Kab. Pekalongan –  Dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke 399 Kabupaten Pekalongan, Kantor Kementerian Agama kabupaten Pekalongan yang dalam kesempatan ini diwakili oleh H. Muqodam selaku Kasubbag TU, ikut serta dalam kegiatan ziarah ke makam Bupati Pertama Pangeran Mandurorejo di Kaliwungu Kabupaten Kendal. Ini merupakan salah satu rangkaian prosesi Peringatan Hari Jadi. Senin (23/08) sore

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat melakukan ziarah ke makam Pangeran Mandurorejo Kendal, menjelaskan bahwa Pangeran Mandurorejo adalah tokoh pendiri sekaligus Bupati Pekalongan pertama. Ziarah ini dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-399 kabupaten Pekalongan.

Bupati Fadia Arafiq pada kesempatan ini bersama Ketua DPRD didampingi Wakil Bupati, dan para unsur Forkopimda, serta pejabat terkait. tiba di makam Pangeran Mandurorejo Kendal dan dterima ahli waris. Dengan acara ziarah berupa Doa tahlil dan tabur bunga yang berlangsung dengan khidmat.

Bupati Fadia menambahkan ziarah merupakan pengingat akan kematian. Untuk itu sebagai pemimpin, pihaknya mesti banyak melakukan kebajikan.

“Kita mengingat akan kematian. Bahwa semua orang pasti akan mati. Dan juga berarti sekarang kita sebagai pemimpin diingatkan untuk berbuat baik sebanyak banyaknya. Karena kita juga nanti akan menjadi seperti mereka,” ujarnya.

Selain itu, ziarah ini juga sekaligus untuk mengenang jasa dan perjuangan Pangeran Mandurorejo pada jaman dahulu serta untuk mengenal secara langsung para ahli warisnya.

“Melalui kegiatan ini menjadikan persaudaraan kita tidak terputus meski almarhum sudah meninggal, tetapi terus terjaga. Beliau adalah icon kabupaten Pekalongan,” ungkap Fadia. Acara ziarah ke makam Pangeran Mandurorejo di Kendal juga dilakukan penyerahan tali asih kepada juru kunci makam dan ahli waris. (Ar/Ant/bd).