Cakra Yudha, Sukses Organisasi Sukses Studi

Surakarta – Gugus depan 05.411/05.380 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta punya gawe. Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ambalan ke 31 “Cakra Yudha” yang jatuh pada 28 Januari 2019, menghelat acara jalan sehat dan donor darah, Ahad (27/01) di Gedung Utama MAN 1 Surakarta.

Menurut pembina pramuka Agus Nugroho, acara ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 10, guru, karyawan dan alumni Cakra Yudha ini.

“Kegiatan jalan sehat dan donor darah ini diselenggarakan dalam upaya untuk kembali meneguhkan peran Cakra Yudha yang sudah berkiprah selama 31 tahun, membawa kemajuan bagi MAN 1 Surakarta, menanamkan jiwa kepemimpinan serta kesetiakawanan di antara siswa,” kata Agus di sela-sela acara.

Acara diawali dengan jalan santai yang dilepas oleh Musta'in Ahmad selaku Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta. Peserta menyusuri jalan-jalan kampung di sekitar MAN 1 Surakarta sekira 4 kilometer. Mereka menyatu dalam kebersamaan dan kekeluargaan.

Dalam kegiatan ini, lanjut Agus, juga dihadiri para alumni Cakra Yudha yang sudah berkiprah di masyarakat dalam berbagai profesi, diantaranya adalah Musta'in Ahmad, Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta dan Andi Kusuma Brata, motivator kondang tingkat nasional dan internasional.

Dalam sambutannya Musta'in Ahmad menyampaikan Cakra Yudha adalah petarung-petarung yang tidak hanya jago kandang tapi juga luar kandang.

“Saya ingat pesan Kak Andi Kusuma Brata, sejak 31 tahun yang lalu, kalau lihat ke belakang, kita selalu menjuarai berbagai kejuaraan di luar. Cakra Yudha selalu merajai berbagai even lomba yang diikuti. Walaupun demikian, bukan hanya juara di organisasi, tapi urusan sekolah dan belajar kita juga juaranya.  Artinya aktif di organisasi tapi dan juga sukses di studi,” kata Musta'in.

Setelah usai jalan santai dilanjutkan dengan kegiatan donor darah dari para alumni Cakra Yudha serta sarasehan dan  aneka lomba yang diikuti oleh para siswa. (rusdi_rma/gt)