Cinta NKRI Melalui Festival Hadroh

Surakarta – Muspika Kecamatan Jebres kota Surakarta bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jebres sukses menyelenggarakan Festival Hadroh Tingkat Kecamatan Jebres, Tahun 2018, yang dihelat di pendopo Kecamatan Jebres, Minggu (12/8). Festival dengan  tema “Semangat Cinta NKRI Melalui Seni Religi Menuju Hadroh Lestari” tersebut,  diikuti peserta dari 11 kelurahan yang berada di Kecamatan Jebres.

Walikota Surakarta dalam sambutannya, yang diwakili kepala Kesbangpol,Tamso menyambut gembira dengan terlaksananya festival hadroh ini. Mengingat, festival ini diselenggarakan pada bulan Agustus, bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke 73. Walikota Surakarta dalam pesannya meminta  agar acara ini diselenggarakan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya,

“Peringatan HUT  Kemerdekaan RI ke 73 sekaligus festival Hadroh tahun ini harus lebih meriah dari tahun kemarin”, ujarnya.

Sementara itu, menurut Arba’in Basyar selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan ini berlansung meriah dan  semua yang terlibat pada kegiatan ini menyatakan puas dengan terselenggaranya festival hadroh kali ini.

Lebih lanjut Arba’in yang  menjabat sebagai kepala KUA Jebres ini mengatakan  kedepannya akan ada evaluasi, oleh karena itu dia mengharapakan banyak masukan agar festival hadroh yang sudah menjadi agenda rutin tahunan itu semakin baik pelaksanaannya.

“Sebaiknya diadakan seleksi tingkat bawah, mulai dari  tingkat RT atau RW  agar dapat memunculkan peserta yang lebih berkualitas,” ucap Arba’in.

Maksud dan tujuan diadakan festival Hadroh ini adalah melestarikan kesenian islam yang juga merupakan budaya bangsa dan sekaligus memperkuat ukhuwah islamiah antar kelompok hadroh di kelurahan se kecamatan Jebres.

Yang unik, karena festival hadroh ini pelaksanaannya bersamaan dengan  perayaan Kemerdekaan RI ke 73, panitiapun mewajibkan jumlah personel masing-masing grup sebanyak 17 orang, dengan rincian, anak-anak minimal lima orang sisanya, yang 12, terdiri dari orang dewasa. (rma/Wul)