Dayung Cepat dan Akurat Dalam Penataan ASN

Mungkid – Perpindahan tugas bagi seorang ASN adalah hal yang biasa dalam rangka peningkatan kinerja. Seiring dinamika organisasi dalam Kementerian Agama, perpindahan tugas dalam rangka penyegaran hendaknya dapat dinikmati oleh seorang ASN sehingga selalu prima dalam menjawab tantangan dan kebutuhan organisasi.

“Dalam rangka peningkatan kerja, tour of duty, tour of area bertujuan dalam rangka penyegaran untuk peningkatan kinerja,” kata Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang Mad Sabitul Wafa, Rabu, (28/02) pada Apel Pagi di halaman  Kantor Kemenag.

Pada kesempatan tersebut, Wafa menyerahkan SK Mutasi kepada enam orang ASN di lingkungan Sekretariat. Rotasi dilakukan secara tiba-tiba, cukup mengagetkan para peserta Apel.

“Perpindahan tugas yang secara tiba-tiba ini saya lakukan demi menjaga marwah tupoksi selaku pimpinan agar keputusan yang diambil up to date, dapat dipercaya. Kepala Subbag maupun para Kasi juga tidak ada yang tahu,” lanjutnya.

Wafa berharap perpindahan pegawai ini tidak dimaknai dengan negatif karena semua keputusan yang ia ambil sudah berdasarkan analisa yang mendalam, melalui pengamatan, dan perimbangan kebutuhan SDM.

“Perpindahan pegawai sudah didasari oleh analisa yang mendalam, pengamatan, dan kebutuhan akan penataan SDM,” katanya.

“Saya siap digremengi, semoga itu dapat mengurangi dosa-dosa saya,” kelakar Wafa.

Kepada pegawai yang mendapat SK Mutasi, Wafa berharap untuk segera menempatkan diri dan melapor kepada atasan langsung untuk segera melaksanakan tugas pelayanan. Pegawai yang mendapat mutasi adalah sebagai berikut.

  1. Edi Fatarosa (Pengolah Data pada Seksi Bimas Islam ke Subbag TU Urusan Kepegawaian)
  2. Nugraheni Subekti (Bendahara Pengeluaran dari Seksi PAIS ke Seksi Pendidikan Madrasah)
  3. Taufiq Al Vajar (Pengolah Bahan Registrasi dan Sertifikasi Seksi Pendidikan Madrasah ke KUA Ngluwar)
  4. Munzarofah (Pengadministrasi pada Seksi PD Pontren ke Seksi Bimas Islam)
  5. Muhnil Huda (Pengelola Administrasi dan Dokumentasi pada Subbag TU Urusan Umum ke Seksi Bimas Islam)
  6. Lanjar (Pengadministrasi pada Subbag TU Urusan Kepegawaian ke Seksi PD Pontren).

Rencana perpindahan pegawai sebelumnya memang telah disampaikan Wafa dalam beberapa kesempatan. Menurut Wafa, saat ini komposisi SDM memang perlu ditata untuk mengimbangi dinamika organisasi dan percepatan program yang sedang dijalankan. Sebagaimana disampaikan pada Apel Pagi (26/02), Wafa mengajak semua lini untuk siap bersama untuk melakukan tugas bersama dalam menggapai pelayanan yang baik, dengan mendayung cepat dan akurat.

Dalam kesempatan tersebut, Wafa juga melepas Slamet, ASN yang memasuki purnatugas terhitung 1 Maret 2018. Wafa mengajak semua ASN untuk meneladani kerja keras dan dedikasi Slamet selama menjadi ASN di Kemenag Kab. Magelang.  Pelepasan Slamet secara simbolis ditandai dengan jabat tangan seluruh ASN yang ada. (am/bd)