Dira Akni Nurtanti Siswi MTs Negeri Batang Menjadi “Penulis Terpilih” Dalam Ajang Sayembara Penerbitan Puisi Tingkat Nasional

Batang – Hobi merupakan kegiatan kasual yang biasanya dilakukan atas dasar ketertarikan yang sangat kuat dalam diri, biasanya hobi dilakukan secara teratur, dikerjakan dengan kesenangan diri dan dilakukan selama waktu luang. Jika kegiatan ini dilakukan dengan sungguh-sungguh akan memberikan manfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Salah satu bukti manfaat dari Hobi dirasakan oleh Dira Akni yang mengukir prestasi melalui hobi menulis.

Semangat Dira Akni Nurtanti yang merupakan siswi kelas 8A Madrasah Tsanawiyah Negeri Batang dalam hal menulis mengantarkannya menjadi “Penulis Terpilih” dalam Event April Puitis (Sayembara sekaligus penerbitan puisi Nasional). Dengan puisi berjudul “Rindu Bertajuk Fatamorgana”, selain mendapatkan piala dan sertifikat, puisi karyanya dimuat dalam penerbitan buku.

 Event April Puitis ini diselenggarakan pada tanggal 13 s.d 28 April 2021 oleh IDN Creation. Kegiatan ini bertujuan memotivasi siswa untuk terus berkarya juga dalam rangka menyambut hari puisi nasional 2021 yang diperingati setiap tanggal 28 April. Peringatan hari puisi nasional sangat erat kaitannya dengan kepergian penyair terkemuka Indonesia yaitu Chairil Anwar pada tanggal 28 April 1949. Cairil Anwar terkenal dengan gagasan puisinya yang mendobrak. Melalui puisi “AKU” yang ditulis tahun 1943, dimuat di majalah Timur pada tahun 1945, dianggap sebagai puisi yang besar pengaruhnya pada Angkatan 45.

Bagi Dira event ini adalah event ke-6 yang diikuti selama di MTs Negeri Batang.

“ Menulis adalah hobi saya, awal ikut lomba menulis puisi langsung dapat juara ketiga. Saat itu sudah kelas VIII. Akhirnya jadi senang ternyata hobi saya bisa dapat juara. Inspirasi menulisnya dari membaca buku cerita baik di rumah maupun di perpustakaan MTs Negeri Batang,” tutur Dira.

“ Selamat kepada Ananda Dira Akni atas prestasinya sebagai  “Penulis Terpilih” dalam Event April Puitis (Sayembara sekaligus penerbitan puisi Nasional), tentu saya sebagai pribadi dan Keluarga besar MTs Negeri Batang ikut berbahagia dan berbangga atas prestasi ini. Bidang non akademik seperti menulis ini pun harus kita dukung terus untuk menumbuhkan kreatifitas dan prestasi,” demikian disampaikan oleh H. Fathudin, selaku kepala MTs Negeri Batang. Lebih lanjut H. Fathudin juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada guru pembimbing yaitu Erni Budiyanti, S.Pd yang telah memberikan bimbingan dan memotivasi anak didik untuk mengembangkan bakat dan hobinya.

“ Sebagai pembimbing, saya hanya mengarahkan, karena sejatinya Dira memiliki bakat dan semangat yang bagus untuk menulis puisi dan ikut kompetisi. Selamat untuk Dira, semoga tetap semangat untuk berkarya,” demikian disampaikan Erni Budiyanti selaku pembimbing.  (Erni B/firki/ Zy)